oleh

Kepala Desa Harus Transparan Penggunaan Dana Desa

-Daerah-294 views

FAKTA PERS – MANDAILING NATAL.

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah Pemuda LIRA Kabupaten Mandailing Natal Syawaluddin meminta pemerintah desa supaya terbuka dalam menggunakan anggaran. Khususnya Dana Desa.

Menurutnya, “dari awal perencanaan sampai tahap realisasi, anggaran yang sudah rutin diberikan oleh pemerintah pusat itu harus bisa diketahui sampai ke masyarakat (warganya reff).”

Hal itu penting, menurutnya, supaya wilayah pedesaan bisa maju dan berkembang sebagaimana harapan pemerintah.

“Kalau untuk memenuhi atau menjawab semua pertanyaan masyarakat itu hal yang wajar, dan itu tidak sulit kok menjawab pertanyaan masyarakat. Dan jangan sampai musyawarah pembangunan desa dilakukan formalitas,” kata Syawal. Hal ini diungkapkan Sywaluddin saat dimintai Fakta Pers tanggapan tentang penggunaan Dana Desa di Panyabungan, Sabtu (12/8).

Penggunaan Dana Desa, kata sywal, “harus bisa menunjang pembangunan dari bawah menuju tingkatan yang lebih tinggi. Karena itu, uang rakyat yang cukup besar itu harus digunanakan sebagaimana petunjuk dan teknis yang ditetapkan kemudian menjawab kebutuhan masyarakat.”

“Lima tahun kedepan harus ada perubahan yang lebih baik. Dana Desa harus bisa meningkatkan pembangunan. Baik fisik maupun sumber daya manusianya,” tuturnya.

Selain penggunaan sesuai peruntukkan, lanjut dia, pemerintah desa juga harus memaksimalkan alat kontrol yang sudah disiapkan. Selain melibatkan BPD sebagai legislatif desa, peran pendamping desa dan para pegiat desa, juga harus dilibatkan dalam setiap musyawarah desa.

“Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa sebagai pembina juga harus menjalankan amanah ini sesuai aturan. Jangan sampai ada kongkalingkong yang menimbulkan masalah,” kata dia.

“Kami siap memantau kinerja-kinerja penguasa anggran dana desa, jika nanti kami lihat ada dugaan penyimpangan Pemuda LIRA di depan akan membawa ke ranah hukum. (M Efendi)

Komentar

News Feed