Minggu, Juli 25, 2021
BerandaKepdes Batusundung Barteng Terindikasi Korupsi Dana Desa
Array

Kepdes Batusundung Barteng Terindikasi Korupsi Dana Desa

FAKTA PERS – PADANG LAWAS.

Masih ada saja Kepdes yang diduga mencoba-coba hendak korupsikan Dana Desa menerangkan, seperti Kepdes Batusundung, Kecamatan Barumun Tengah (Barteng), Gozali dan Aparatur Desa tidak transparan dalam mengelola pembangunan dana desa tahun anggaran 2017.

Hal ini terlihat dalam pembukaan sekaligus penyertuan di desa tersebut tanpa papan informasi kegiatan, diduga kuat menggunakan material sirtu yang diduga “ilegal”, bahkan proses pengerjaannya terkesan asal-asalan dan yang lebih ironisnya lagi tidak banyak warga desa yang tidak mengetahui dimana pembangunan yang bersumber dari dana desa itu dibangun dan juga tidak mengenal siapa Sekdes, Kaur pembangunan desa mereka, bahkan BPD di desa tersebut juga sulit ditemui.

Pantauan Faktapers pada Kamis, (10/8/17) di lokasi desa tersebut, pembangunan pembukaan jalan sekaligus penyertuan tanpa penggilasan dan tidak memberikan batu penahan sirtu pada pinggiran jalan, bahkan material diambil dari sekitar pembukaan jalan, sementara menurut Dinas Perizinan Palas dan Pihak Kepolisian di Barteng, tambang galian C yang memiliki izin di Kab. Palas hanya di Kecamatan Sosa.

Robert Nainggolan warga Palas menemukan banyak kejanggalan pada proses pembangunan jalan tersebut, kepada Faktapers mengungkapkan, “Dalam RABDes tentu sudah ditampung pengadaan sirtu untuk pengerasan, lantas ke mana anggaran sirtu tersebut, kuat dugaan Kepdes sudah melobi pihak toko material agar bisa di SPJ desa, demikian juga pemakaian alat berat dari mana izinnya itu”.

Tambahnya lagi,”Bahkan kami menilai Kepdes tidak transparan dalam pengelolaan dana desa, pasalnya papan informasi tidak ada di lokasi pembangunan tersebut yang diketahui berukuran 3 x 700 meter tidak jelas penyertuannya”. Demikian juga warga setempat tidak banyak yang mengetahui.

Faktapers mencoba menemui Sekdes dan Kaur pembangunan desa dengan menanyakan kepada warga, namun tidak satupun yang mengetahui keberadaan mereka, bahkan ada warga yang mengungkapkan bahwa Sekdes dan Kaur tidak tinggal di desa.

Sementara, Kepdes Batusundung tidak berhasil ditemui di kediamannya, bahkan saat dihubungi melalui selulernya tidak diangkat, demikian SMS juga tidak menjawab, sikap Kepdes tidak transparan, takut bertemu wartawan dan terkesan ada yang ditutupi dalam pembangunan di Desa Batusundung.

(R9)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments