Jumat, Mei 14, 2021
BerandaKontainer Surabaya - Tidore Rp. 8,5 Juta
Array

Kontainer Surabaya – Tidore Rp. 8,5 Juta

FAKTA PERS – TIDORE KEPULAUAN.

Masuknya KM. Mentari Expres di pelabuhan Trikora Goto, Kota Tidore kepulauan sebagai cikal bakal program tol laut yang dicetuskan oleh Presiden Jokowi untuk menghubungkan kawasan Barat dan wilayah Timur Indonesia, membuat angin segar bagi kemajuan perekonomian di kota Tidore Kepulauan.

Bagimana tidak, harga kontainer yang dibandrol oleh KM. Mentari Expres sebagai kapal Tol Laut biayanya sebesar Rp. 8,5 juta per kontainer dan sudah termasuk asuransi. Hal itu disampaikan kepala operasional  Mentari Line cabang Tidore, Havidz dihadapan Walikota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim, MH, Forkompinda, Wakil Ketua DPRD, Ahmad Laiman dan sejumlah Pimpinan SKPD di pelabuhan Trikora Goto belum lama ini.

Havidz juga mengatakan, masuknya tol laut di Tidore merupakan kali pertama di hari ini (18 Agustus 2017) dan dalam perkembangan pelayarannya, kapal tol laut ini setiap 23 hari sekali akan masuk ke Tidore.

“Dengan masuknya kapal ini sangat menekan harga, jadi harga sangat murah. Dimana perbandingan antara memakai jasa reguler dengan pengiriman dari Surabaya ke Tidore per konteiner yang dikenakan tarif berkisar Rp.13,5 juta, tapi dengan tol laut ini hanya dikenakan biaya sebesar Rp.8,5 juta per konteiner sudah termasuk asuransi,” tuturnya.

Ia juga menambahkan, tarif memuat barang pada armada kapal tol laut tersebut jauh lebih murah bila dibandingkan dengan ongkos angkutan barang melalui jasa kapal-kapal niaga. Olehnya itu, diharapkan dengan masuknya tol laut ini benar-benar dimanfaatkan pengusaha di Tidore maupun di luar Tidore.

Sementara itu, Walikota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim, MH seusai menyambut pelayaran perdana tol laut di pelabuhan Trikora Goto, mengatakan, kedatangan tol laut ini mungkin bagi daerah lain adalah hal biasa namun bagi kami di Tidore adalah sebuah hal yang luar biasa, dimana kehadiran tol laut akan menjawab kebutuhan masyarakat di Kota Tidore Kepulauan. Walikota juga meminta kepada BUMD agar tanggap, sehingga visi Pemerintah dalam mewujudkan kemandirian Kota Tidore Kepulauan sebagai kota jasa berbasis agro marine berjalan sesuai harapan.

“Jadi kehadiran tol laut di Tidore ini Insya Allah akan menekan harga barang dengan daerah lain sehingga kebutuhan-kebutuhan masyarakat bisa terjawab,” kata Walikota Tidore.

Senada Wakil Ketua DPRD kota Tidore Ahmad Laiman, S.Sos mengatakan, sebagai wakil rakyat yang mewakili komunitas masyarakat, sangat bersyukur dengan adanya trobosan yang sangat luar biasa dari Walikota Tidore Kepulauan.

Sebab menurutnya, bahwa siapa yang menguasai pelabuhan dia bisa menguasai daratan.
Ahmad Laiman juga menambahkan, perekonomian itu bisa berkembang dan laju dengan baik apabila akses pelabuhan itu bisa lebih baik.

“Arus barang dan jasa itu tidak bisa dilakukan lewat transportasi lain yang jumlahnya sangat terbatas tetapi kalau lewat pelabuhan berarti dengan pengeriman barang menjadi lebih maksimal. Olehnya itu, dengan trobosan seperti ini maka diharapkan ada kemajuan. Untuk itu kita saling mendukung, saling bahu membahu agar apa yang diharapkan ini dapat tercapai.

Untuk diketahui, kapal tol laut Mentari Line yang dinahkodai Capt. M. Hasan Ridwan itu masuk perdana ke Tidore dengan membawa pengiriman 11 buah konteiner yang berisikan ayam beku dan sembako. (ss)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments