Sabtu, Mei 8, 2021
BerandaMassa FSPMI Demo PT. KI, Tuntut Karyawan Kontrak Diangkat Jadi Karyawan Tetap
Array

Massa FSPMI Demo PT. KI, Tuntut Karyawan Kontrak Diangkat Jadi Karyawan Tetap

FAKTA PERS – PURWAKARTA.

Puluhan massa dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) menggelar aksi demo di Pabrik PT. Kinugawa Indonesia (PT.KI) dikawasan Kota Bukit Indah (KBI), Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Senin (14/8).

Para pendemo menuntut manajemen PT. KI agar mengangkat para karyawan yang masih berstasus kontrak menjadi karyawan tetap, aksi demo tersebut adalah lanjutan dari aksi demo sebelumnya yang sudah beberapa kali digelar terhadap perusahaan yang memproduksi khusus karet otomotif ini.

Di lokasi demo, Wakil Ketua FSMPI Konsulat Purwakarta, Ade Supyani mengungkapkan awalnya FSMPI menerima pengaduan dari serikat pekerja di PT. KI yang mempermasalahkan nasib 19 karyawan kontrak yang tak kunjung diangkat menjadi karyawan tetap.

“Ini bentuk kepedulian kami kepada nasib 19 karyawan kontrak tersebut yang tak kunjung diangkat menjadi karyawan tetap. Malahan diperpanjang masa kontraknya hingga lima kali. Kami menilai PT. KI tidak mentaati peraturan, dan tidak adil terhadap karyawan kontrak tersebut,” ujarnya.

Aksi demo ini, lanjut ade, kelanjutan dari aksi-aksi sebelumnya. “Sudah sejak 25 Juli 2017 lalu kami melakukan aksi demo, dan akan terus melakukan aksi ini sampai tuntutan kami dipenuhi oleh pihak perusahaan,” tegas Ade.

Dilanjutkan Ade, pihaknya sudah berupaya melakukan komunikasi dan mengadukan permasalahan ini dengan Dinas Tenaga Kerja dan DPRD Purwakarta, bahkan sudah bertemu dengan Komisi V DPRD Jawa Barat. “Kami sudah bertemu dengan Disnaker, DPRD Purwakarta bahkan Komisi V DPRD Jawa Barat. Namun hingga kini belum ada hasil sesuai tuntutan kami,” terangnya.

Terpisah, Kuasa Hukum PT. KI, Entis Sutisna, SH mengungkapkan dalam waktu dekat akan diadakan pertemuan antara pihak perusahaan, Disnaker Purwakarta dan serikat pekerja.

“Sebetulnya, bukan di PHK tapi kontrak kerja terhadap beberapa karyawan kontrak tidak diperpanjang oleh manajemen perusahaan. Prinsipnya, pihak perusahaan ingin menyelesaikan permasalahan ini, para pihak sepakat akan diadakan mediasi dan pertemuan tripartit dalam waktu dekat,” singkat Entis Sutisna.

(rom)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments