Minggu, Mei 9, 2021
BerandaModus Kades Aek Tunjang Mengeruk Dana Desa Bangun Rabat Beton "Aneh" dan...
Array

Modus Kades Aek Tunjang Mengeruk Dana Desa Bangun Rabat Beton “Aneh” dan Tidak Transparan

FAKTA PERS – PADANG LAWAS.

Pembangunan rabat beton di Desa Aek Tunjang, Kecamatan Barumun Tengah yang bersumber dari APBN melalui Bantuan Dana Desa tahun anggaran 2017 terkesan “Aneh” dan tidak transparan. Diduga rabat beton adalah modus Kades Aek Tunjang dalam mengeruk dana desa.

Pantauan Fakta Pers pada Minggu (6/8/17) di lokasi, pada saat pengerjaan rabat beton memanipulasi coran rabat dengan menimbun material pasir setebal ±10 cm sebagai lapisan dasar. Dan selanjutnya langsung ditimpa dengan campuran semen dan sirtu yang sudah diaduk sebagai penutup lapisan atas rabat.

Salah satu warga yang saat itu sedang ikut mengerjakan rabat beton mengungkapkan, dalam proses pengerjaan rabat beton sepanjang 110 x3 meter dan pengerjaan pembukaan jalan sekaligus penyertuan mengakui tanpa plank merek kegiatan dan mengenai apa alasannya serta rincian kegiatan silahkan tanyakan langsung kepada Kades Aek Tunjang.

Namun anehnya, Kades Aek Tunjang, Irpan Mawardi dan Sekdesnya tidak berhasil ditemui. Bahkan saat ditemui ke kediaman Kades, sedangkan kaur pembangunan di desa tersebut sedang mengikuti Bimtek di Sibuhuan. Malah yang ada adalah kaur keuangan yang menurut pengakuan kaur keuangan yang pada saat itu ikut mengerjakan rabat mengaku tidak mengetahui apa-apa tentang teknis bangunan.

“Kalau sudah jam seperti ini biasanya (Kades) sudah pergi meluncur minum tuak, sedangkan sekdes kami tidak kenal. Kalau kaur pembangunan sedang mengikuti Bimtek di Sibuhuan. Yang ada di sini saat ini adalah kaur keuangan,” kata salah seorang warga.

Sedangkan Kabid Pemdes, Imron Siregar saat dikonfirmasi melalui selulernya menyarankan media agar segera melaporkan kades ke inspektorat Palas terkait temuan wartawan. (R9)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments