Minggu, Juli 25, 2021
BerandaPenyebab Rusaknya Populasi Ikan Di Sungai, Ternyata Air Kencing 
Array

Penyebab Rusaknya Populasi Ikan Di Sungai, Ternyata Air Kencing 

FAKTA PERS – MALANG.

Dilihat dari letak geografis wilayah Kabupaten Malang Jawa Timur, selain meliputi dataran tinggi pegunungan untuk wilayah barat dan dilingkari beberapa pantai untuk wilayah selatan, ternyata daerah ini juga dipenuhi dengan aliran sungai.

Namun demikian, perlu disadari bahwa sebagian besar aliran sungai tersebut untuk saat ini sedang tercemar. Hal ini, seperti yang dikatakan oleh Bupati Malang H. Rendra Kresna, Senin (21/08/2017) malam, saat acara Bina Desa di Desa Sukosari Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang.

“Coba dilihat, salah satunya Sungai Brantas, saat ini ekosistemnya hilang,” ujar Bupati.

Menurut Rendra, rusaknya populasi air itu disebabkan oleh pencemaran diantaranya berasal dari limbah rumah tangga baik berbentuk buang air besar (BAB) dan buang air kecil. Dan rusaknya populasi ini, penyebabnya kotoran yang dikonsumsi ikan.

Secara ilmiah, dia mengungkapkan, rusaknya populasi itu dikarenakan kotoran yang dimakan ikan menyebabkan ikan menjadi jantan. Sehingga, ikan-ikan tersebut tidak bisa menghasilkan keturunan.

“Mengapa ikan-ikan yang memakan kotoran terutama adalah air kencing wanita menjadi jantan semua, penyebabnya ikan-ikan ini mengkonsumsi air kencing wanita yang melakukan KB,” tandas Rendra.

Untuk itu, ditegaskan olehnya, bagi desa-desa yang warganya BAB di sungai harus benar-benar dihentikan. Apalagi 2019 mendatang, program pemerintah pusat adalah menuju Indonesia bersih untuk kesehatan lingkungan.

“Yang jelas, rusaknya populasi dan hilangnya ekosistem air ini adalah tanggungjawab Kita bersama. Jangan dianggap remeh, harus segera diseriusi,” pungkas dia. (Putut)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments