oleh

Pesta Rakyat Purwakarta “Beras Perelek” Raih Rekor Muri

-Daerah-210 views

FAKTA PERS – PURWAKARTA.

Pesta Rakyat Purwakarta “Beras Perelek” meraih rekor Muri. Dalam acara Karnaval sila kedua Pancasila, peringatan Hari Jadi Purwakarta ke 186 yang bertajuk “Ngarak Beras Perelek” berhasil mengukir sejarah.

Museum Rekor Indonesia (Muri) mencatat, sebanyak 53.918 orang membawa beras yang dimasukkan ke dalam ruas bambu.

Disela-sela penetapan rekor, Jum’at (4/8), bertempat di panggung utama karnaval Jalan RE. Martadinata Purwakarta.

Senior Manager Muri, Awan Rahardjo mengatakan rekor ini terbilang unik, selain karena berdasarkan kebudayaan di Jawa Barat, rekor ini juga tercipta dalam spirit pengentasan penggunaan beras sejahtera oleh Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi.

“Sejarah baru bagi Indonesia juga dunia, 53.918 orang secara bersama-sama membawa bambu berisi beras. Ini rekor yang ke sebelas bagi Purwakarta. Saya kira, ini luar biasa dan unik, inspirasi dari perilaku budaya orang di Jawa Barat. Juga berangkat dari keinginan agar masyarakat Purwakarta dapat mengkonsumsi beras yang layak,” jelas Awan.

Di tempat yang sama, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan Pemkab Purwakarta menargetkan seluruh masyarakat Purwakarta sudah terpenuhi kebutuhan berasnya, dengan komsumsi beras premium hasil urunan masyarakat mampu yang sudah dimasukkan ke dalam ATM beras.

“Ini gabungan antara tradisi dan teknologi, perelek itu tradisi orang Jawa Barat, ATM Berasnya itu produk teknologi. Ini juga bentuk pengamalan sila kedua Pancasila,” jelas Dedi Mulyadi.

Acara ini diisi tarian kolosal yang melambangkan Nyi Pohaci, simbol kemakmuran Jawa Barat berdasarkan cerita rakyat. Selain itu, komunitas masyarakat adat dari berbagai daerah di Jawa Barat turut diundang. Salah satunya, masyarakat adat Ciptagelar dari Sukabumi yang dikenal memiliki ketahanan pangan yang kuat dengan cadangan beras yang bisa dijadikan persediaan.

(rom)

Komentar

News Feed