Jumat, Mei 14, 2021
BerandaPolres Tidore Gelar Apel Pengecekan Kekuatan Pasukan Untuk Keamanan Pilkada Malut 2018
Array

Polres Tidore Gelar Apel Pengecekan Kekuatan Pasukan Untuk Keamanan Pilkada Malut 2018

FAKTA PERS – TIDORE KEPULAUAN.

Dalam rangka menjaga keamanan menjelang pemelihan gubernur (Pilgub) Maluku Utara 2018 mendatang, jajaran Polres Tidore pada Rabu (2/8/17) pagi menggelar apel gelar pengecekan kekuatan pasukan personil Polres Tidore serta pengecekan perlengkapan, bertempat di belakang kantor Polres Tidore, dan dipimpin langsung Kapolres Tidore kepulauan AKBP. Azhari Juanda, S.Ik.

Menurut Kapolres Tidore, apel yang dilakukan tersebut, sesuai dengan perintah Kapolda Maluku Utara bahwa disetiap jajaran Polres pada kabupaten/kota di Malut Untuk segera melakukan apel gelar pengecekan kekuatan pasukan dan peralatan menyongsong kesiapan Pilkada Malut 2018. Sehingga hal-hal yang menjadi kekurangan saat pengecekan dapat diantisipasi.

“Ini sudah menjadi penekanan dari bapak Kapolda bahwa masing-masing jajaran agar melakukan pengecekan secara ril terhadap jumlah personil dan kondisinya serta jumlah alat dan kondisinya. Sehingga ada hal-hal yang dianggap kurang maka dapat diantisipasi sedini mungkin,” tutur Kapolres Tidore AKBP. Azhari Juanda, S.Ik kepada sejumlah awak media seusai menggelar apel kekuatan pasukan.

Lanjut Kapolres, lewat apel tersebut, maka dapat diketahui bahwa dari 319 personil Polres Tidore yang mengikuti apel gelar pasukan, maka yang siap untuk dipakai berjumlah 294. “Dari 294 ini, kami akan bagi menjadi 2/3 kekuatan untuk melakukan kegiatan pengaman pilkada Malut di wilayah hukum kota Tidore pada tiap-tiap TPS yang ada. Dimana kita masih pada data TPS lama dengan jumlah 209 TPS. Nanti Personil Polres Tidore lakukan pengamanan sebanyak itu,” jelas Azhari.

Sementara untuk peralatan berupa kendaraan, senjata, dan juga peralatan Dalmas kesemuanya dalam kondisi baik dan siap dipakai. “Kendaraan bermotor yang kami cek untuk polres dan tiga Polsek yakni Polsek Tidore Selatan, Tidore Utara, dan Polsek Kota. Dimana, kendaraan roda 6 siap pakai 7, roda 4 ada 14, roda 2 ada 110 siap pakai. Untuk jumlah persenjataan laras panjang dan pendek termasuk Perlengkapan Dalmas semuanya baik,” kata Kapolres.

Dari hasil pengecekan personil dan perlengkapan untuk Polres Tidore, maka menurut Kapolres untuk perlengkapan sudah cukup. Namun untuk Personil masih dikondisikan. “Jadi Personil kami masih kondisikan. Bila dibutuhkan kami akan menyurat ke Polda untuk penambahan jumlah personil khusus yang stanby di Mapolres Tidore serta penambahan di Sofifi. Dimana nanti kami minta personil untuk Brimob dan Sabhara.

Hal ini dilakukan mengingat kondisi dari geografis Tidore dengan jangkauan wilayah hukum bukan hanya di pulau Tidore melainkan juga di daratan pulau Halmahera,” tutur Kapolres.

Sementara itu, untuk Polsek Oba dan Oba Utara, kata Kapolres “saat kita lakukan apel mereka juga lakukan apel,” singkatnya. (ss)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments