Selasa, Mei 11, 2021
BerandaPTBA dan PTPN V Selenggarakan Siswa Mengenal Nusantara di Riau
Array

PTBA dan PTPN V Selenggarakan Siswa Mengenal Nusantara di Riau

FAKTA PERS – MUARA ENIM.

PT Bukit Asam (Persero) Tbk atau PTBA bersama-sama dengan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) V Riau dan Dinas Pendidikan Provinsi Riau melepas 21 pelajar terpilih dari berbagai SLTA di Provinsi Riau ke Palu, Sulawesi Tengah.

Kegiatan yang merupakan bagian dari Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2017 ini digelar di Gedung SKA Co Ex, Pekanbaru Riau, Minggu (30/07/2017) dan dihadiri Asisten Deputi Manajemen SDM Eksekutif BUMN, Imam Bustomi.

Dalam acara ini, Sekretaris Perusahaan PTBA, Adib Ubaidillah, bersama-sama dengan Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha PT Angkasa Pura I (Persero), Moch. Asrori, Kepala Bagian Umum PTPN V, Ahmad Badran Zai, serta Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Rudyanto, dan peserta SMN dari Riau menyambut rombongan peserta SMN 2017 dari Sulawesi Tengah. Dalam acara tersebut, disajikan berbagai pertunjukkan seperti Tari Rentak Bulian, paduan suara, lantunan syair hingga pantomim.

Senior Manager Corporate Social Responsibility (CSR) PTBA, Syaiful Islam, dalam sambutannya mengatakan, program SMN merupakan bentuk kontribusi dan kepedulian PTBA sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menumbuhkan dan memupuk rasa kebanggaan dan bertanah air Indonesia kepada generasi muda sebagai generasi penerus bangsa.

“PTBA sangat peduli pada dunia pendidikan, khususnya untuk pendidikan karakter dan menanamkan nilai-nilai nasionalisme utamanya dalam konteks untuk memperkuat semangat 72 tahun Proklamasi Kemerdekaan RI,” ujar Syaiful Islam.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Rudyanto menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas dukungan PTBA dan PTPN V sebagai panitia bersama yang memungkinkan kegiatan SMN 2017 di Provinsi Riau dapat terlaksana.

“Dengan kegiatan ini, para pelajar dapat saling mengenal, diharapkan rasa persatuan antarsesama bangsa dapat semakin kuat sehingga tidak mudah untuk dipecah belah,” ujarnya.

Sebagai program nasional yang dilaksanakan melalui saling bertukar kunjungan antara masing-masing rombongan peserta selama satu minggu untuk saling mengenal budaya di masing-masing daerah, PTBA kembali mendapatkan kehormatan menjadi penyelenggara utama dibantu oleh PTPN V Riau untuk mendukung kelancaran SMN 2017sebagai rangkaian program “BUMN Hadir Untuk Negeri” yang telah dijalankan Kementerian BUMN sejak 2015 dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan program dari Kementerian BUMN, di mana setiap BUMN akan bekerja sama dengan BUMN lainnya untuk menyeleksi pelajar SMA, SMK dan SLB untuk menjadi peserta SMN. Para pelajar yang terpilih, akan dikirim ke daerah lain untuk lebih mengenal kebudayaan Indonesia. Setidaknya, rombongan pelajar dari satu provinsi beranggotakan minimal 20 orang dengan 2 orang pelajar SLB. Para pelajar ini juga akan didampingi oleh guru berprestasi yang terpilih.

Selama tujuh hari di daerah tujuan, para pelajar akan diajak untuk mengenal tempat bersejarah setempat, pariwisata, berinteraksi langsung dengan masyarakat, dan juga mengenalkan kebudayaannya di daerah tujuan tersebut. Selain itu, para pelajar ini akan tinggal dengan keluarga asuh selama beberapa hari.

Diharapkan melalui kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat kebangsaan dan rasa cinta tanah air sejak dini bagi para pelajar. Melalui kegiatan ini juga, para pelajar akan ditunjukkan berbagai macam kebudayaan Indonesia yang berbeda dengan kebudayaan di tempat asalnya. Sehingga, diharapkan para pelajar ini akan lebih dapat menghargai berbagai perbedaan yang ada di Indonesia.

Pada penyelenggaraan tahun ini pula, PTBA kembali ditunjuk menjadi BUMN penyelenggara kegiatan SMN. Berbeda dengan tahun sebelumnya dimana saat itu PTBA menjadi tuan rumah di Sumatera Selatan, pada penyelenggaraan SMN tahun 2017 ini PTBA ditunjuk oleh Kementerian BUMN untuk menyelenggarakan SMN di Riau bersama dengan PTPN V.

Sejak Mei lalu, PTBA dan PTPN V bersama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Riau telah melakukan seleksi para pelajar SMA, SMK, dan SLB di Provinsi Riau untuk mengikuti kegiatan SMN. Dari hasil seleksi tersebut, terpilih 19 pelajar SMA, 2 pelajar SLB serta 2 guru pendamping yang merupakan guru teladan berprestasi, serta seorang pendamping dari Dinas Pendidikan.

Rombongan pelajar dari Riau ini diberangkatkan Senin (31/07) lalu menuju Palu, Sulawesi Tengah. Dalam kunjungan sampai tanggal 6 Agustus mendatang, para pelajar akan diajak untuk berkeliling mengunjungi SMA di Palu, berbagai tempat sejarah, serta mengunjugi industri rumahan khas Palu. Sementara, tim Pelajar dari Sulawesi Tengah yang berkunjung ke Riau, akan diajak mengunjungi SMA di Pekanbaru, Museum dan beberapa tempat wisata, serta kunjungan ke PTPN V.

(Ahmad Sukri)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments