Senin, Agustus 2, 2021
BerandaSaksi Tak Hadir Saat Sidang, Kuasa Hukum Mursad: Jangan Sampai Keterangan Berbeda
Array

Saksi Tak Hadir Saat Sidang, Kuasa Hukum Mursad: Jangan Sampai Keterangan Berbeda

 

FAKTA PERS – TIDORE KEPULAUAN.

Ketidakhadiran tiga saksi pada persidangan ke empat kasus pembunuhan Bidan Afifah A. Rahman dengan terdakwa Mursad Hi. Djafar, Selasa (08/08/17), membuat tanda tanya kuasa Hukum Mursad Hi. Djafar terhadap Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kota Tidore Kepulauan.

Menurut Mursad, harusnya JPU menghadirkan saksi sebagaimana diagendakan pada persidangan ke empat kali ini. Sehingga dalam kesaksiannya tidak memberikan keterangan yang berbeda. Disamping itu, dapat juga ditemukan fakta baru dari keterangan saksi.

“Ada kejanggalan dalam persidangan hari ini. Karena, jika saksi dihadirkan di persidangan akan ditemukan fakta baru saat saksi memberikan keterangan secara langsung,” tutur Hairun Abdul Gani, SH kuasa Hukum Mursad kepada awak media di depan PN Soasio seusai mengikuti agenda persidangan.

Menanggapi persoalan tersebut, Kasi Pidum Kejari Tidore Kepulauan, M. Matulessy mengatakan, ketidakhadiran tiga saksi di persidangan diantaranya saksi Lukman Hi. Jafar selaku ayah Terdakwa Mursad dan Saksi Nurjila Hi. Jafar yang merupakan Adik kandung terdakwa, serta Saksi Ahli Forensik dari Polda Sulawesi Tenggara dr. Maulidin, dikarenakan tempat tinggal para saksi jauh, sehingga para saksi tidak bisa hadir saat persidangan.

Olehnya itu, kata M. Matulessy, “berdasarkan pasal 162 KUHAP bahwa Jaksa bisa membacakan keterangan saksi yang tidak hadir pada persidangan berdasarkan keterangan di BAP,” jelas M Matulessy.

Sementara itu, amatan Fakta Pers persidangan keempat kasus pembunuhan Bidan Afifah berlangsung aman dan lancar. Persidangan sendiri dimulai dari pukul 10.30 WIT dan usai pada pukul 11.00 WIT, dan agenda sidang berikutnya dilanjutkan pada tanggal 15 Agustus 2017 dengan agenda menghadirkan satu saksi dari pihak terdakwa. (ss)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments