Minggu, Juli 25, 2021
BerandaTipu Warga Buton Hingga Ratusan Juta, Warga Jakarta Selatan Ditahan Polisi
Array

Tipu Warga Buton Hingga Ratusan Juta, Warga Jakarta Selatan Ditahan Polisi

FAKTA PERS – BUTON.

Penyidik Reserse Kriminal (Reskrim) Kepolisian Resort (Polres) Buton menahan warga Jakarta Selatan, Bayu Erik Fatah (40) terduga pelaku penipuan terhadap tujuh orang warga Pasarwajo terkait penerimaan ketegori dua (K2) penerimaan calon polisi (Casis) tahun 2015 dan 2016. Pelaku ditahan din rumah tahanan Polres Buton sejak 26 Juni 2017.

Kasatreskrim Polres Buton, IPTU Hasanuddin saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (11/8/2017) mengatakan, “selain melakukan penipuan mengenai K2 dan penerimaan casis, hal yang sama juga dilakukan pelaku dengan menipu korbannya yang dijanjikan mendapatkan proyek dari Kementrian Perhubungan pada 2016.”

“Jadi pelaku ini mengaku sebagai Lembaga Pemantau Penyelenggara Triapolitika RI dengan modus akan meloloskan mereka yang K2 dan yang mau masuk polisi, ada juga yang dijanjikan proyek,” kata Hasanuddin.

Korban pelaku dalam kasus itu, lanjut dia sebanyak tujuh orang dengan kerugian materil hingga Rp. 300 juta yang diterima pelaku. Namun dari ke tujuh korban tersebut, baru satu pelapor yang diproses, sedangkan enam lainnya masih dalam proses penyelidikan.

“Yang kita proses ini baru satu orang korban yang ditipu mau masuk polisi pada penerimaan casis 2016 dengan membayar uang kepada pelaku sebesar Rp. 70 juta dari yang dijanjikan Rp. 127 juta jika diloloskan jadi polisi, dan kasus ini sudah masuk Tahap I,” jelasnya.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 378 dan atau 372 tentang penipuan dan penggelapan Undang-Undang KUHP dengan ancaman maksimal 4 tahun pidana penjara. (LOA)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments