oleh

Warga Negara Srilanka Terdampar di Perairan Lahewa Nias Utara

-Daerah-246 views

FAKTA PERS – KEPULAUAN NIAS.

33 orang warga asal dari Negara Srilanka ditemukan terdampar di wilayah perairan laut Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara, Provinsi Sumatra Utara, pada Rabu (09/08/2017).

Menurut Kapolsek Lahewa, penemuan 33 orang warga negara asing  yang terdampar di perairan laut Lahewa berdasarkan informasi dari masyarakat nelayan Desa Tureloto. Kemudian, pihak Kepolisian Sektor Lahewa segera melakukan pengecekan dan menemukan 33 orang yang diantaranya 1 wanita dan 32 pria yang sedang mentup angin kapal kayu yang sedang rusak.

“Setelah dimintai keterangan, salah satu warga negara Srilanka tersebut dijelaskan, bahwa mereka berangkat dari negaranya pada 03 Juli 2017 lalu yang hendak bertujuan ke New Zeland dan Australia untuk mencari perlindungan akibat permasalahan perang saudara antara suku Tamil dan Singelid yang saat ini sedang berlangsung.” lanjut Kapolsek.

Namun, pada ditengah perjalanan, kapal kayu yang sedang mereka tupangi rusak hingga terombang ambing selama lima hari di laut bebas, hingga mereka pada akhirnya terdampar di daerah Kepulauan Nias.

Sementara itu, pihak dari Pemkab Nias Utara, BPBD, Dinas Sosial, Kepolisian Sektor Lahewa, dan Koramil 05 Lahewa  memberi bantuan dan mengamankan 33 WNA tersebut di Aula Pertemuan Kantor Kelurahan Pasar Lahewa demi menghindarkan hal-hal yang mencurigakan. (Deserman Lase)

Komentar

News Feed