oleh

Dandim Tidore Tinjau Lokasi Cetak Sawah di Desa Lembah Asri Halteng

-Daerah-193 views

FAKTA PERS – HALMAHERA TENGAH.

Dandim 1505 / Tidore Letkol Inf Harrisal Ismail Subing bersama Pasi Intel 1505/Tidore Kapten Inf Muji Utama di dampingi Serka George Ayomi Rabu, (20/09/2017) sekitar pukul 13.30 WIT melaksanakan peninjauan di lokasi cetak sawah di Desa Lembah Asri Kecamatan Weda Selatan Kabupaten Halmahera Tengah.

Selain itu, Dandim juga mengadakan pertemuan bersama Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang berlangsung di Kantor Desa Lembah Asri. Dalam pertemuan itu Dandim mengatakan bahwa untuk cetak sawah di wilayah ini ditargetkan desember sudah harus di tanami padi di lahan seluas 152 hektar (Ha). Dan lahan yang sudah di kerjakan hingga saat ini baru seluas 113,5 Ha atau 70 persen.

Lahan yang dipakai untuk cetak baru sawah merupakan lahan petani yang selama ini tidak dipergunakan untuk areal penanaman sawah karena merupakan lahan semak belukar, dengan difungsikannya lahan tersebut menjadi lahan sawah,” katanya.

Lebih lanjut, Dandim menyampaikan bahwa kegiatan cetak lahan sawah baru tujuannya untuk meningkatkan ketahanan pangan di wilayah dan yang terlebih lagi meningkatkan ekonomi masyarakat,” tuturnya.

Percetakan sawah ini sudah berlangsung sejak lama dan sudah tersebar di wilayah Maluku dan Maluku Utara. Dan ini adalah program Kementerian Pertanian yang telah bekerjasama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ada di wilayah Dandim 1505/Tidore. Untuk itu, harapanya jika lahan telah di buka petani sudah harus memanfaatkan untuk menanami padi.

Dandim juga mengharapkan dapat bekerja lebih baik lagi karena ini semuanya merupakan program. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan semua dapat meningkatkan kembali budaya gotong royong yang merupakan budaya leluhur kita yang harus dipelihara dan dijaga, ujarnya.

Dalam waktu dekat kata Dandim dipastikan tim pemantau cetak sawah dari pusat akan berkunjung di setiap wilayah/lahan cetak sawah,” terangnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pjs Kepala Desa Lembah Asri, Abdul Gofur, Babinsa Kecamatan Weda Selatan, Serka George Ayomi, dan puluhan masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani.

Taklupa dalam pertemuan itu juga para petani meminta kepada Dandim untuk menyampaikan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Tengah untuk pembagunan irigasi karena sejauh ini lahan warga sering langganan banjir. (Ode)

Komentar

News Feed