Minggu, Juli 25, 2021
BerandaDesa Sifaoroasi Uluhou Belum Terjamah Listrik, Anak-Anak Belajar Dengan Lilin dan Lampu...
Array

Desa Sifaoroasi Uluhou Belum Terjamah Listrik, Anak-Anak Belajar Dengan Lilin dan Lampu Obor

FAKTA PERS – KEPULAUAN NIAS.

Desa Sifaoroasi Uluhou, Kecamatan Bawolato, Kabupaten Nias, Provinsi Sumatra Utara, belum pernah terjamah jaringan listrik.

Selama ini, kehidupan di perkampungan yang dihuni sikitar kurang lebih 1000 orang warga ini terus berlangsung tanpa jaringan listrik.

Lokasi Desa Sifaoroasi Uluhou adalah wilayah terpencil dan berada di perbatasan wilayah Kabupaten Nias Selatan dengan Kabupaten Nias. Dilihat dari segi profesi mayoritas warganya berprofesi sebagai buruh bangunan, perkebunan, hingga buruh tani.

Ratusan rumah yang dibangun di atas lahan masing-masing itu hanya berdinding kayu papan dan beralasan tanah yang jauh dari kesan mewah. Tidak ada televisi, kulkas, alat elektronik, komputer, dan alat foto copy.

“Sebenarnya kami sangat iri dengan desa tetangga, yang saat ini telah teraliri dan menikmati cahaya lampu listrik. Tapi mau bagaimana lagi, sampai sekarang juga tidak ada listrik masuk di kampung kami apa lagi signal handphone tidak ada. Kami punya HP, namun sinyal tak ada apa lagi baterai pun tak terisi. Semua aktifitas kami memang benar-benar terkendala,” tutur Gh Bawamenewi warga Desa Sifaoroasi Uluhou.

Sangat memprihatinkan, untuk bertahan di kegelapan terutama pada malam hari mereka cukup menyalakan api lilin dan obor serta penerangan alat tradisional. Sudah 72 tahun Indonesia merdeka, mereka masih belum pernah menikmati cahaya listrik.

Saat ini, ratusn siswa/siswi yang mengikuti jenjang pendidikan diantaranya SD, SMP, dan SMA. Kalau pada malam  hari belajar diterangin lampu lilin, obor, atau alat lampu tradisional.

Warga lain, Jul’arni Bawamenewi alias Ama Cindy (34), mengaku prihatin dengan kondisi kampung halamannya yang tidak tersentuh jaringan listrik. Jul’arni berangan-angan untuk bisa segera menikmati fasilitas akan kebutuhan listrik.

“Sejak mulai saya dilahirkan hingga saya membentuk keluarga, saya belum pernah menikmati bagaimana fasilitas listrik dirumah sendiri. Berharap sebelum saya tutup usia, semoga listrik masuk di kampung kami,” kata Ama Cindy.

Warga setempat berharap agar pemerintah Kabupaten Nias segera membuka jaringan listrik yang belum juga terealisasi di Desa Sifaoroasi Uluhou. Mereka sudah tak sabar untuk bisa segera mengakses kebutuhan listrik seperti halnya wilayah lain yang saat ini menikmati fasilitas listrik.

Kepala Desa Sifaoroasi Uluhou, Tuberta Bawamenewi, saat ditemui Fakta Pers di kantornya, Jumat (01/09/2017) menyampaikan, sudah beberapa kali  pihak desa berupaya mengadukan atau mengusulkan permasalahan ini kepada pemerintah Kabupaten Nias.

Hanya saja, lanjut dia, hingga sampai saat ini belum juga ada tindak lanjut pasti yang diterima pihak pemerintah Desa Sifaoroasi Uluhou.

Terlebih ia menilai listrik ini sudah telah menjadi satu kebutuhan pokok sehari-hari yang harus ada. “Bayangkan saja kalau di kota listrik padam masyarakatnya sudah pada kesusahan. Apalagi yang sudah puluhan tahun tak ada listrik,” ucapnya. (Deserman Lase)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments