Jumat, Mei 14, 2021
BerandaDKI Akan Gelar Festival Musik Bertaraf Nasional
Array

DKI Akan Gelar Festival Musik Bertaraf Nasional

FAKTA PERS – INDRAMAYU.

Dalam rangka memeriahkan hari jadi Indramayu Dewan Kesenian Indramayu (DKI) akan menggelar Festival musik bertaraf nasional. Festival Musik ini di beri nama Soegra (Sugra) Musik Festival yang merupakan ajang apresiatif terhadap komunitas musik baik tingkat daerah,nasional,maupun mancanegara yang dianggap telah melampaui proses berkesenian secara bernas.

Secara kedaerahan Soegra Musik Festival merupakan pemantik bagi komunitas-komunitas musik,khususnya penggiat musik di Indramayu agar senantiasa ajeg dan memiliki daya eksperimental sehingga diharapkan dapat menumbuhkan kembangkan kreativitas musik dari generasi ke generasi secara mumpuni.

Sedangkan bagi khalayak,khususnya masyarakat Indrmayu, Soegra Musik Festival tak lain merupakan wacana bermusik yang bukan semata tontonan,akan tetapi secara esensi merupakan tuntunan sebagaimana resonansi penyelenggara yang menebalkan bahwa “MUSIK KAMI BUKAN HANYA CADAS TETAPI JUGA CERDAS”.

Soegra (Sugra) Sendiri sebenarnya adalah nama dari pendiri musik tarling. Beliau asli warga Kepandean Indramayu yang di tahun 1931-an berkesempatan mengeksperimenkan atau memadukan antara dawai gitar dengan unsur gamelan dan menambahkannyabdengan suling. Salah satu murid Sugra yang kemudian menjadi salah satu tokoh tarling adalah Jayana yang kemudian menelurkan juga murid-murid lainnya yang ikonik.

8 komunitas musik yang akan memeriahkan festival ini datang dari berbagai provinsi di Indonesia diantaranya Nusa Tuak yang berasal dari kupang dan didirikan di Yogyakarta Tahun 2014,yang pernah berkesempatan duet bersama Ivan Nestorman dan juga duet bersama musisi dari mancanegara pada festival dawai Nusantara,kemudian Log Sanskrit didirikan oleh Asrie Tresnady seorang pegiat dan ahli sialtar (gitar India) pada tahun 2009 di kota Vadodara India.

Lalu ada Aman Perkusi dari Jakarta yang pernah mengikuti berbagai festival musik nasional,dari Jatiwangi ada grup musik Hanyaterra,yang unik dari grup musik ini ialah mereka bermain musik menggunakan keramik genteng. Karna keunikannyabtersebut hanyaterra sering tampil di berbagai acara musik baik nasional maupun internasional seperti Copenhagen Tour Concert di Denmark,Poland Tour Concert di Poland,Singing Brick di Berlin.

Berikutnya grup musik D’bamboo essentials dari Bandung merupakan tim musik yang menggunakan bambu sebagai alat musiknya. D’bamboo juga sering kali performance di festival musik internasional seperti Malaysia,korea dan Taiwan. Kemudian ada Konser Kampung dari jati tujuh yang sudah berdiri sejak tahun 1987 sering juga memeriahkan berbagai festival musik nasional dan mancanegara. Dewokustik dari Jakarta dan terakhir Indramayu Etnich Newage dari Indramayu.

Dengan di selenggarakanya Festival Musik Soegra ini diharapkan agar semua akan mengakui bahwa tarling sendiri berasal dari Indramayu dan yang terpenting lagi dapat menjadi sebuah inspirasi masyarakat Indramayu,generasi muda juga agar menjadi kreatif dan berimprovisasi dalam bermusik tanpa harus meninggalkan tradisi musik tarling itu sendiri. Demikian harapan Sihabudin ketua DKI.

Dalam Soegra Musik Festival 2017 selain membawakan lagu-lagu sendiri tiap-tiap talent diwajibkan juga mengaransemen lagu tarling legendaris. Festival ini akan diselenggarakan selama 2 hari pada tanggal 11-12 Oktober 2017 di alun-alun Indramayu. (Eka)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments