Senin, Agustus 2, 2021
BerandaDLH Kab. Bogor Diminta Serius Tangani Sampah
Array

DLH Kab. Bogor Diminta Serius Tangani Sampah

FAKTA PERS – BOGOR.

Banyaknya Sampah berceceran dipinggir jalan disinyalir karena kurangnya perhatian Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor terhadap kebersihan, sehingga  masyarakat harus menanggung akibatnya yaitu pemandangan menjijikkan serta bau busuk dari tumpukan Sampah.

Pengamatan Fakta Pers, masyarakat Kecamatan Cariu, kebingungan untuk membuang Sampah sebab tempat penampungan Sampah sementara tidak ada sehingga Sungai dan Tanah kosong digunakan warga sebagai tempat pembuangan Sampah.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Wilayah Jonggol, Edi Winarno menuturkan, “UPT Jonggol memiliki 18 Unit Kendraan Truk, namun 17 Unit Truk khusus melayani pelanggan (orang yang bayar Retribusi), artinya hanya ada 1 Unit Truk untuk mengangkut sampah bukan  pelanggan yang berceceran  di 5 wilayah kecamatan yaitu : Kecamatan Cileungsi, Kecamatan Klapanunggal, Kecamatan Tanjung Sari, Kecamatan Suka Makmur, Kecamatan Jonggol, dan Kecamatan Cariu” ujarnya di Kantor UPT Wilayah Jonggol.

Edi menjelaskan tidak adanya kesadaran warga tentang Sampah, “warga tidak mempunyai kesadaran tentang sampah, orang yang membuang sampah dipinggir jalan mayoritas orang – orang yang berpendidikan tinggi sebab Sampah – Sampah yang dipinggir jalan biasanya dilempar dari mobil pribadi” ujarnya.

Ujang, salah seorang warga Kecamatan Cariu yang kebetulan melintas dari  tumpukan Sampah menyampaikan, “DLH harus serius menangani Sampah, agar lingkungan tidak tercemar” tuturnya. Dianya juga menambahkan, “Pemerintah kan punya Mobil Truk Sampah yang dibeli oleh uang Negara, ya sudah pergunakan, jangan minta uang rakyat lagi dong sebagai Retribusi  untuk biaya pengangkutan” tandasnya.

Namun cukup disayangkan ketika Wartawan menanyakan siapa – siapa saja  atau kelompok mana saja yang membayar Retribusi, Edi Winarno pun enggan menjawab, sehingga timbul kecurigaan bahwa Retribusi diduga dinikmati oleh oknum – oknum.

Sangat disayangkan, hingga berita ini dinaikkan penjelasan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Bogor belum dapat dipintai.

(lu)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments