oleh

Gunung Agung Bali Naik Status Siaga, Masyarakat Dihimbau Tetap Waspada

-Daerah-253 views

FAKTA PERS – BALI.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah menaikkan status Gunung Agung dari level II (Waspada) ke level III (Siaga). Kenaikan status ini terhitung sejak pukul 21.00 Wita hari ini. Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, menunjukkan peningkatan aktivitas vulkanik.

“Kepala PVMBG telah melaporkan kenaikan status Gunung Agung ini kepada Pemerintah dan Kepala BNPB, BPBD Kabupaten Karangasem untuk mengambil langkah-langkah antisipasi menghadapi kemungkinan terburuk dari meletusnya Gunung Agung,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya, Senin (18/9/2017).

Sutopo mengimbau masyarakat tetap tenang dan meningkatkan kewaspadaan. Masyarakat dipersilakan beraktivitas seperti biasa, namun harus tetap menaati setiap rekomendasi yang disampaikan pemerintah.

“Masyarakat silakan tetap beraktivitas normal. Wisatawan silakan tetap berkunjung ke Bali. Taati semua rekomendasi dan saran dari pemerintah dan pemda,” tuturnya.

“Masyarakat dihimbau tidak melakukan aktivitas pendakian di sekitar gunung. Masyarakat juga diminta menjauh dari area gunung dalam radius 6 kilometer,” ujar Sutopo.

Seperti diketahui Gunung Agung cukup lama tidak meletus, yakni sejak 1963. Karena itu, masyarakat diminta tetap waspada dan mempersiapkan segala kebutuhan jika sewaktu-waktu kemungkinan terburuk gunung tersebut meletus.
Selanjutnya akan dilakukan Pengosongan wilayah kilometer 2 dan 3 serta wilayah yg dilalui lahar.

Sesuai dengan jadwal selasa(19/9/17) Forkopimda beserta Kades tomas akan berkumpul di ukm. Mensosialisasikan apa yg hrs dilakukan masyarakat.

Sementara pengungsian di Buleleng, Bangli dan Klungkung mulai hari ini disiapkan. Dan direncanakan H+1, pengungsi akan bergerak ke lokasi pengungsian. Sedangkan Kodim akan berpindah ke Koramil Manggis.

Karena lokasi tersebut masuk aliran lahar. Personel kodim akan mengevakuasi warga terpisah di 5 bagian besar yaitu: Kec. Abang, Kab Buleleng, Kab Klungkung, Kab Bangli, dan Kec. Manggis. Setelah mengevakuasi personil Kodim akan membantu pengungsi bersama BPBD di wilayah pengungsian.

Untuk mencegah kekacauan akibat kepanikan, masyarakat maka penyebarluasan berita baru akan diumumkan hari ini secara resmi beserta penjelasannya kepada masyarakat. (Nugraha)

Komentar

News Feed