Minggu, Juli 25, 2021
BerandaGunung Agung Bali Status Awas, Getaran  Dirasakan warga Desa Songan Kintamani Bangli
Array

Gunung Agung Bali Status Awas, Getaran  Dirasakan warga Desa Songan Kintamani Bangli

FAKTA PERS – BALI.

Sejak empat hari terakhir getaran Gunung Agung Kabupaten Karangasem Bali masih dirasakan warga Desa Songan Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli, namun warga desa tetap beraktivitas seperti biasa.

Hal ini dikatakan warga Desa Songan Ni Putu Yeni (32) kalau setiap getaran dari Gunung Agung, sedikit merasa was-was karena jarak dari desa songan 16 Km berada di arah tenggara dari desanya. namun dirinya serta warga lainnya tetap tenang dalam melakukan aktivitas sehari-hari karena masih terasa aman di desanya.

Kepala BNPB Willem Rampangile memimpin rapat koordinasi dalam menghadapi ancaman erupsi Gunung Agung, Sabtu (23/9/2017) di Kantor Bupati Karangasem Bali menyatakan, Kabupaten Karangasem Siaga Darurat selama 14 hari ke depan.

“Jadi siaga darurat sudah kita tetapkan selama 14 hari terhitung dari tiga hari yang lalu. Atau mulai hari Rabu tanggal 20 September kemarin. Tapi itu masih bisa diperpanjang,” kata Willem.

Pemberlakuan siaga darurat ini dikeluarkan agar warga siap menghadapi bencana seandainya Gunung Agung erupsi nanti.
“Tetapi kita menyiapkan skenario apabila hal itu terjadi selama satu bulan.

Dan jika terjadi erupsi status siaga darurat akan diganti dengan tanggap darurat. Dalam siaga darurat ini semua hal telah disiapkan seperti lokasi pengungsian, pos kesehatan di tiap pengungsian, MCK, RS Rujukan terdekat, bahan pangan warga selama di pengungsian, dan lainnya.

Sementara itu sekitar 663 jumlah pengungsi di gor Swecapura Gelgel Klungkung difasilitasi gedung tempat koordinasi, empat toilet masing-masing dari pria dan wanita di lapangan tempat pengungsi lima tenda kesehatan/posko kesehatan disiapkan dapur umum dan lahan parkir, sarana hiburan nonton bareng tempat kegiatan rekreasional serta Posko keamanan semua sudah disiapkan oleh Pemda setempat.

(Nugraha)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments