Kamis, Mei 13, 2021
BerandaIzin Industri UD.Anugerah Tak Mempan
Array

Izin Industri UD.Anugerah Tak Mempan

FAKTA PERS – HALMAHERA TENGAH.

Aneh bin ajaib kinerja Pemerintahan Dinas Kehutanan Pemprov Malut ini. Pasalnya, meskipun telah mengeluarkan Izin kepada sejumlah pengusaha kayu di Kabupaten Halmahera Tengah untuk melengkapi usahanya mereka agar legal atau memiliki izin industri. Namun seringkali kayu yang diangkut ke Ternate tetap ditahan dan diproses oleh pihak penegak hukum, contohnya baru-baru ini dialami salah satu pengusaha kayu yang katanya mengantongi izin SIPUHH karena pangkalannya sudah lengkap dengan alat pemotong kayu bulat yakni mesin somel. Tapi masih ada lagi alasan soal ketentuan keterlambatan angkutan sehingga pengusaha kayu UD Anugrah Hutson Hasan kewalahan saat ini. Hal ini disampaikan salah satu rekannya kepada Fakta Pers Sabtu, (16/09/17) kemarin.

“Mestinya, Dinas terkait tak lepas tanggung jawabnya sebagai pemberi izin dan memiliki kewenangan penuh terkait dengan dokumen SIPUHH yang di terbitkannya. Karena dalam penanganan persoalan ini, berdasarkan dokumenlah pengusaha sehingga berani mengankut kayu untuk di jual lagi,” kesalnya.

Ia juga menuding Dinas Kehutanan Pemprov Malut lah yang salah. “Bicara soal dokumen industri itu sangat luas, sementara dinas terkait dinilai memaksakan padahal di lapangan para tenaga pemotong/gergajian belum dilengkapi dengan persyaratan biar lebih legal,” ujarnya.

“Yang namanya pengusaha atau perusahaan yang memiliki izin industri itu sangat luas, berarti seluruh pekerja juga telah didukung dengan Jamsostek, bukan seperti yang diterapkan ini,” tandasnya.

Olehnya itu, dokumen Sistim Informasi Penatausahaan Hasil Hutan (SIPUHH) online ini patut dibenahi kembali karena pengusaha UD Anugrah yang sudah dikeluarkan dokumen Industri oleh Dinas Kehutanan Pemprov Malut. Tapi anehnya kayu pengusaha itu kembali ditahan oleh petugas. Apakah ini yang dinamakan izin industri,” bebernya.

(Ode)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments