oleh

Kepala Desa Sidanga Weda Selatan Hernimus Kumai Akui Gunakan Ijazah Palsu Saat Pemilihan

-Daerah-287 views

FAKTA PERS – HALMAHERA TENGAH.

Berbagai  macam cara yang dilakukan pihak Panitia Pilkades Desa Sidanga sehingga orang yang tidak memiliki Ijazah saja dipaksakan oleh Panitia Pilkades agar seseorang mencalonkan diri sebagai Kepala Desa. Padahal Panitia ketahui hal itu, namun karena demi kepentingan politik mendatang, Panitia Pilkades Desa Sidanga menghalalkan segala macam cara. Akan tetapi langkah tersebut tidak berjalan mulus karena telah tercium oleh masyarakat lainnya dan telah melaporkan keganjalan Ijazah Hernimus Kumai yang terpilih sebagai Kepala Desa setempat.

Kapolsek Weda Kecamatan Weda Kabupaten Halmahera Tengah, AKP Kader Kiye Rabu, (13/09/17) kepada Fakta Pers Media diruang kerjanya mengaku berdasarkan hasil penyelidikan terhadap Kepala Desa terpilih Desa Sidanga, Hernimus Kumai minggu kemarin yang bersangkutan telah mengakui ijazah copian yang digunakan untuk pencalonan pemilihan kepala desa dan telah terpilih itu adalah milik Ijazah kakaknya.

“Jadi Hernimus Kumai sudah mengakui bahwa Ijazah copian yang Ia gunakan itu adalah Ijazah Copian kakaknya kemudian Ia (Hernimus Kumai) menutupi dengan kertas  nama kakaknya kemudian di ke foto copy kembali lalu Ia meminta orang lain menulis namanya di Ijazah copian tersebut dan di foto copy kembali kemudian menjadikan syarat pencalonan pilkades,” jelasnya.

Padahal kata Kapolsek, jauh sebelumnya telah mengingatkan kepada yang bersangkutan yakni Hernimus Kumai agar mundur diri sebelum proses pencoblosan karena telah dilaporkan kejanggalan copian Ijazah SD yang digunakan Kades terpilih, tapi yang bersangkutan tidak menghiraukan saran saya itu,” katanya.

Ia juga menambahkan dalam penanganan kasus Ijazah Palsu ini tidak ada kompromi, kami tetap memproses kasus Ipal ini karena telah memalsukan dokumen negara,” tukasnya.

Jika tahapan penyidikan telah di lakukan maka yang bersangkutan Hernimus Kumai akan di tetapkan sebagai tersangka, karena sejumlah barang bukti telah kami kantongi dan siap di proses hukum,” tegasnya. (ode)

Komentar

News Feed