Sabtu, Mei 8, 2021
BerandaKodim 1413/Buton Bakal Putar Film G30S/PKI di Enam Wilayah
Array

Kodim 1413/Buton Bakal Putar Film G30S/PKI di Enam Wilayah

FAKTA PERS – BUTON.

Komando Distrik Militer (Kodim) 1413/Buton bakal serentak memutar Film G30S/PKI pada 30 September 2017 di wilayah hukumnya yaitu Kabupaten Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, Baubau, Bombana, dan Wakatobi. Pemutaran film itu sebagai tindak lanjut dari perintah Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo.

“Itukan perintah langsung dari Panglima TNI dan harus kita laksanakan,” kata Komandam Kodim 1413/Buton, Letkol Czi Sriyanto melalui sambungan telepon, Rabu (20/9/2017).

“Sebentar malam kita sudah mulai tapi internal besar keluarga TNI dulu,” sambungnya.

Tapi, jika pada acara puncaknya 30 September 2017 nanti, pihaknya akan mengundang sejumlah tokoh masyarakat seperti tokoh-tokoh pesantren, LSM, Media, dan Kepolisian untuk nonton bareng di Markas Kodim 1413/Buton termasuk semua Anggota Koramil di wilayah masing-masing.

“Nanti puncaknya 30 September, ada yang kita undang nanti beberapa tokoh masyarakat seperti tokoh pesantren, LSM, Media, dan Kepolisian, kalo babinsa nanti bisa dimasyarakatnya dia, ” ujarnya.

Dia menilai, pemutaran Film G30S/PKI itu sangat positif karena itu adalah bagian dari sejarah Bangsa Indonesia. Karena jika tidak bisa jadi masyarakat akan lupa terhadap sejarah tersebut.

“Kita harus tau itu jangan sampe kita generasi tidak tau sejarah akhirnya nanti kalo ada tanda-tanda mengarah kesitu kita nda siap, karena itu berbahaya dan sudah kita sepakati itu adalah faham terlarang,” terang Sriyanto.

Berbeda dengan Kepolisian Resor Buton, pihaknya tidak menggelar nonton bareng Film G30S/PKI karena itu merupakan perintah dari Panglima TNI.

“Tidak, kita tidak karena itukan perintah Panglima TNI,” kata Kapolres Buton, AKBP Andi Herman melalui sambungan telepon.

(LOA)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments