Jumat, Mei 14, 2021
BerandaMembangkitkan Minat Baca Anak, Dinas Arpusda Indramayu Implementasikan Program "Gerbang Maca"
Array

Membangkitkan Minat Baca Anak, Dinas Arpusda Indramayu Implementasikan Program “Gerbang Maca”

FAKTA PERS – INDRAMAYU.

Saat ini anak-anak usia dini sudah tak asing lagi dengan gadget. Hal ini karena orang tua telah memberi kebebasan kepada mereka untuk bermain gadget dari mulai smartphone hingga tablet. Hari-hari anak pun seolah tidak bisa dipisahkan dengan perangkat teknologi tersebut.

Kehadiran gadget turut mengubah perilaku anak. Jika dulu ia sangat senang membaca buku cerita atau petualangan anak, kini beberapa anak lebih memilih bermain games dengan gadget. Semula, anak-anak selalu tak sabar membaca buku-buku baru dari perpustakaan atau membelinya di toko buku. Kini, aktivitas membaca tergantikan dengan bermain gadget.

Oleh karena itu, salah satu upaya Dinas Arpusda Indramayu untuk menumbuhkan kembali dunia membaca yakni dengan mengimplementasikan program gerbang maca di Kabupaten Indramayu yang dikolaborasikan dengan program literasi.

Menurut Wawang, selaku Kepala Dinas Arpusda, “dunia literasi atau membaca harus dikembangkan sejak anak usia dini, peserta didik di sekolah diharuskan membaca bacaan sejarah lokal maupun nasional yang kemudian di ungkapkan kembali di depan semua peserta didik di kelas,” katanya.

“Jika peserta didik banyak membaca, maka semakin banyak memahami isi kandungan dari bacaan tersebut. Dengan adanya kegiatan ini juga diharapkan akan menjadi budaya, mengingat anak-anak sekarang yang sudah sangat jarang sekali membaca karena adanya teknologi dunia gadget,” tambahnya.

Sumi’ah, salah satu guru dari SD Jatibarang 2 ketika ditemui Fakta Pers mengatakan, “literasi berdampak positif pada peserta didiknya dalam menyalurkan bakat anak didik yang suka bercerita serta meningkatkan keinginan anak dalam membaca,” jelasnya. (Eka)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments