Sabtu, Juli 31, 2021
BerandaPembangunan Jaringan Pipa Transmisi SPAM Purwakarta Ditargetkan Rampung Akhir 2018
Array

Pembangunan Jaringan Pipa Transmisi SPAM Purwakarta Ditargetkan Rampung Akhir 2018

FAKTA PERS – PURWAKARTA.

Pembangunan Jaringan Pipa Transmisi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Purwakarta ditargetkan rampung pada akhir tahun 2018. Proyek jaringan pipa transmisi ini akan menghabiskan anggaran sebesar Rp. 146 Milyar bersumber dari APBN DIPA Direktorat Jenderal SDA Kementerian PUPR.

Sumber air baku SPAM Purwakarta ini mengandalkan air permukaan Waduk Jatiluhur dengan kapasitas produksi 300 liter per detik, yang akan disalurkan untuk memenuhi pelanggan sebanyak 33.500 SL di wilayah utara dan sebagian wilayah perkotaan Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Dalam paparannya, Engineering Manager PT. Adhi Karya selaku kontraktor pelaksana, Ahmad Nasrudin, ST menyampaikan, panjang pipa jaringan transmisi 13.697 meter, dari Raw Water Reservoir (RWR) di Ubrug Desa Cibinong hingga Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Desa Mulyamekar. “Sekitar Desember 2018, pekerjaan jaringan pipa transmisi ini ditargetkan sudah rampung. baik dari Ponton Intake di Waduk Jatiluhur hingga RWR dan dari RWR hingga Instalasi Pengolahan Air,” jelasnya.

Jaringan Pipa Transmisi ini, papar dia, akan melintasi dua kecamatan yakni Kecamatan Jatiluhur dan Babakan Cikao. “Panjang pipa 13.697 meter, pekerjaan open cut 9.646 meter dan HDD Boring 4.233 meter. Dimana material pipa menggunakan Steel Pipe sepanjang 3.155 meter dan HDPE Pipe 10.542 meter,” terang Ahmad saat sosialisasi pembangunan SPAM Purwakarta di Aula Kantor Kecamatan Jatiluhur, Selasa (26/9).

Ditempat yang sama. Direktur Utama PDAM Gapura Tirta Rahayu, Dadang Saputra mengatakan, kapasitas produksi air SPAM Purwakarta ini sekitar 300 liter per detik. “Targetnya, tahun 2019 SPAM ini rampung dan bisa memenuhi kebutuhan air bagi 33.500 SL. Untuk pelanggan baru di wilayah utara dan sebagian wilayah perkotaan Purwakarta,” ujar Dadang seusai sosialisasi.

Ia meminta dukungan semua pihak agar proyek SPAM ini dapat terlaksana sesuai rencana. “Kami berharap dukungan dari semua pihak, agar Pembangunan SPAM ini dapat terlaksana sesuai target yang sudah ditentukan. Sehingga kebutuhan air untuk warga masyarakat Purwakarta dapat terpenuhi,” pungkasnya. (rom)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments