oleh

Pemberantasan Sarang Nyamuk, Petugas Temukan  Genangan  Air Kotor di Pemukiman Warga Pura Taman Denpasar Timur

-Daerah-202 views

FAKTA PERS – BALI.

Gerakan serentak pemberantasan sarang nyamuk (Gertak) adalah program rutinitas Pemerintah Kota Denpasar yang diselenggarakan di wilayah Desa Penatih Dangin, Puri Denpasar Timur Banjar Bekul. Dalam kegiatan ini melibatkan  petugas kesehatan dari semua Puskesmas yang ada di Penatih Danginpuri, petugas bergerak dari Banjar ke Banjar dan melakukan pemeriksaan di setiap rumah penduduk guna untuk mengetahui jentik ataupun sarang nyamuk DBD  melalui penampungan air dan kamar mandi yang ada di rumah warga, begitu juga saluran pembuangan limbah dan got  yang ada di pemukinan warga  juga diperiksa.

Dari hasil kegiatan gertak ini,petugas menemukan beberapa genangan air kotor dari got milik warga, got tersebut memang terlihat sangat kotor. Selain ada genangan air juga terdapat beberapa sampah kotor yang dibuang secara sembarangan oleh warga.

Menyikapi adanya temuan genangan  air kotor dari got yang tersumbat di pemukiman warga Gang Purataman itu, kepada Fakta Pers Ayu  mengatakan, dalam kegiatan  Gertak pemberantasan sarang Nyamuk yang diadakan di Desa Penatih Dangin Puri Banjar Bekul Denpasa Timur, Sabtu (23/9/17) kami selaku pemegang Program Nyamuk DBD Puskesmas II Penatih Dangin puri  sudah  melakukan antisipasi dengan menabur Abate karena jika dibiarkan dikawatirkan akan menimbulkan masalah baru terutama masalah kesehatan terhadap warga.

Abate yang di taburkan itu dapat membunuh kuman atau sarang nyamuk DBD dalam kondisi tempat terbuka, jangka tiga puluh hari dari sekarang. Dengan adanya beberapa temuan dari petugas Gertak pemberantasan sarang Nyamuk seperti ditemukannya beberapa sampah  di saluran air oleh petugas gertak hal ini akan segera kami laporkan kepada pihak Dinas dan Kepala Desa Penatih Danginpuri, supaya ada himbauan agar nantinya masyarakat sadar tentang hal ini, katanya.

Sementara itu Kelian Dinas Banjar Bekul I Wayan Nadha,(42) Saat dikonfirmasi di Balai Banjar Bekul terkait dengan adanya kegiatan gertak sarang nyamuk, dan temuan-temuannya, masalah genangan air di got dan kotor. Ia menghimbau kepada semua warganya untuk selalu menjaga kebersihan dengan membersihkan got di masing-masing tempat, karena awal dari adanya sarang nyamuk DBD itu dari genangan air baik yang di selokan, got, maupun genangan air yang ada di kamar mandi.

Di sini kami menghimbaukan kesadaran warga untuk membersihkan saluran air di got yang ada di depan rumah warga masing-masing maupun sekitarnya, karena  penyebab awal dari penyakit demam berdarah bisa saja terjadi dari genangan air di got maupun kamar mandi, tegasnya. Walaupun hingga saat ini, Wayan Nadha Menambahkan belum ada laporan dari warganya yang terkena penyakit demam berdarah tetapi dirinya tetap menghimbau agar selau membersihkan lingkungan disekitarnya.

(Nugraha)

Komentar

News Feed