oleh

Pemda Buton Terbitkan Perbup Mengenai Absen Wajah

-Daerah-348 views
Kepala Inspektorat Kabupaten Buton, La Halimu.

FAKTA PERS – BUTON.

Pemerintah Daerah (Pemda) Buton, Sulawesi Tenggara telah menerbitkan peraturan bupati (Perbup) Nomor 9 Tahun 2017 mengenai absen wajah atau face print terhadap aparatur sipil negara (ASN) dan pegawai honorer di lingkup Birokrasi Pemerintahan Kabupaten Buton.

Kepala Inspektorat Kabupaten Buton, La Halimu ketika dikonfirmasi baru-baru ini mengatakan sesuai dengan Perbub maka para pegawai akan melakukan absen wajah pada jam kerja mulai dari pukul 07.30 dan pukul 16.00 Wita setiap hari Senin hingga Kamis. Sedangkan hari Jumat mulai pukul 07.30 dan pukul 16.30 Wita.

“Jam 7.30 pagi hari dan sore hari jam 16.00 Senin sampai dengan Kamis sedangkan Jumat 7.30 sampai dengan 16.30,” kata Halimu.

Meski penerbitan Perbub tersebut dianggap terlambat namun penerapan absen wajah sudah dilakukan sejak 3 Juli 2017 yang disepakati melalui penandatanganan pakta integritas oleh seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tentang penegakan disiplin pegawai melalui absen wajah.

“Sebetulnya Perbub ini terlambat diterbitkan karena kesibukan pimpinan, tapi pemberlakuan absen wajah kita sudah dahuli pada 3 Juli 2017 lalu,” ujarnya.

La Halimu, sesuai aturan bagi ASN yang tidak masuk kantor selama 46 hari dalam satu tahun maka akan diberhentikan dengan hormat begitupula dengan pegawai tidak tetap (PTT). Bedanya PTT akan diberhentikan jika tidak masuk kantor selama 60 hari.

“Sanksi tegas bagi PNS itu akan diberhentikan dengan hormat jika dalam setahun selama 46 hari tidak masuk kantor sedangkan bagi PTT 60 hari,” jelas Halimu.

“Dan alhamdulillah dengan adanya absen wajah kedisiplinan pegawai kita mengalami peningkatan,” pungkasnya.

(LOA)

Komentar

News Feed