oleh

Penyerapan Gabah Di Malang Raya Tidak Maksimal

-Daerah-358 views

FAKTA PERS – MALANG.

Data yang diperoleh melalui Bulog Sub Divre Malang Jawa Timur, menyatakan bahwa sampai akhir Agustus 2017 yang lalu, penyerapan gabah untuk wilayah Malang Raya mencapai 30.044 ton dari target 67.000 ton, artinya, dari data tersebut, Bulog Sub Divre Malang baru menyerap sekitar 50 persen dari target yang telah ditetapkan oleh Bulog Regional Jatim. Padahal, Bulog Sub Divre Malang ini mewadahi lima wilayah yaitu Kabupaten Malang, Kota Malang, Kota Batu, Kota Pasuruan dan Kabupaten Pasuruan.

Kepala Bulog Sub Divre Malang Faisal Rambe, mengatakan bahwa target sampai Agustus 2017 ini belum bisa dikejar dikarenakan sejumlah faktor di lapangan. “Kalau diamati sebenarnya banyak faktor lapangan yang mengakibatkan penyerapan gabah tidak maksimal,” kata dia, Senin (04/09/2017).

Menurut Faisal, sebenarnya harga jual gabah khusus untuk wilayah Kabupaten Malang ini memiliki kwalitas bagus yang cukup tinggi dibanding dengan harga yang sudah ditetapkan.

Lebih lanjut dijelaskan olehnya, harga gabah dari Bulog sebesar 3.700 rupiah sampai dengan 4.030 rupiah per kilogram (kg). Sementara, di tingkat petani Kabupaten Malang, harga gabah per kilogram antara 4.500 rupiah sampai dengan 5.000 rupiah.

“Kalau diteliti lagi, dari harga jual inilah yang menjadi salah satu penyebab penyerapan gabah di Bulog belum maksimal Agustus 2017, kondisi itu membuat Bulog  dalam memenuhi target harus membeli dari luar wilayah Kabupaten Malang,” tandas Faisal.

Ditegaskan olehya, selain adanya selisih harga jual gabah sekitar 1.000 rupiah per kilogram, tidak tercapainya target gabah Bulog disebabkan juga kemitraan dengan gapoktan terbilang minim.

“Kalau dihitung, jumlahnya 45 lumbung panen yang ada di Kabupaten Malang, pasokan gabah petani lebih banyak terserap pasar yang berani membeli lebih tinggi daripada harga Bulog. Dan, minimnya kemitraan Bulog dengan gapoktan di setiap kecamatan inilah yang membuat target tidak bisa dicapai Agustus 2017 ini,” pungkas dia.

(Putut)

Komentar

News Feed