Sabtu, Mei 8, 2021
BerandaPJU Kabupaten Malang Gunakan Lampu LED
Array

PJU Kabupaten Malang Gunakan Lampu LED

FAKTA PERS – MALANG.

Berdasar letak geografis, Kabupaten Malang Jawa Timur terdiri dari 33 Kecamatan dengan 278 desa. Dengan luasan wilayah ini, semua daerah yang ada mulai dari perkotaan sampai wilayah pelosok desa membutuhkan penerangan jalan.

Dalam hal ini, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Kabupaten Malang Romdhoni, mengatakan bahwa selama ini lampu yang digunakan untuk penerangan jalan umum (PJU) menggunakan lampu mercury dengan tenaga surya.

“Saat ini memang sebagian titik penerangan untuk PJU menggunakan lampu mercury dengan menggunakan tenaga surya, tetapi sekarang sudah dilakukan proses penggantian lampu LED, seperti pemasangan 8 titik paket lampu LED di Desa Sekar Banyu Kecamatan Sumber Manjing Wetan Kabupaten Malang,” kata dia, Senin (25/09/2017) malam, saat Bina Desa di Desa Sekar Banyu Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang.

Lebih lanjut, diungkapkan olehnya, sejak 2014 sampai 2017 sekarang ini, mulai bergeser penggantian lampu LED. Sementara, berjalan selama hampir tiga tahun ini sudah melakukan pemasangan lebih dari 2500 lebih titik lampu LED.

Penggantian ini dilakukan, ditambahkan Romdhoni, dari hasil evaluasi yang dilakukan menunjukkan bahwa, pemakaian lampu LED lebih efisiean daripada menggunakan lampu mercury.

“Sudah terbukti, penggunaan lampu LED lebih mengirit tenaganya, lampu LED yang mempunyai daya 90 Watt bila dipasang cahayanya setara dengan 250 Watt. Sedangkan standart pemasangan tiang idealnya di wilayah kota jarak 100 meter dan wilayah pedesaan jarak 50 meter, ternyata penerangannya sudah memenuhi pencahayaannya,” terang dia.

Ditegaskan Romdhoni, estimasi anggaran per titik satu paket tiang dan lampunya mencapai 10 juta rupiah dengan radius bias sinar 40 meter. Sedangkan, harga lampu LED per biji jatuh dengan harga 3,5 juta rupiah, yang diproduksi perusahaan lampu yang ada di daerah Kabupaten Malang, dengan kualifikasi E-Katalog yang sudah teruji.

“Yang jelas, penggantian lampu mercury menjadi lampu LED ini akan terus dilakukan penambahan, kecuali daerah pelosok yang belum dijangkau PLN, ini masih dalam proses. Dan saat ini, di setiap kantor desa sudah diganti dan dipasang lampu LED,” pungkas dia.

(Putut)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments