oleh

Ratusan Hektare Sawah di Madina Hampir Rusak Diduga Akibat Rehabilitasi Irigasi Batang Gadis

-Daerah-270 views

FAKTA PERS – MANDAILING NATAL.

Ratusan hektare sawah di Kabupaten Mandailing Natal saat ini hampir rusak dan kemungkinan para petani akan gagal tanam tahun ini, diduga akibat tidak berfungisnya pengairan jaringan irigasi Batang Gadis dengan baik (mengering).

Dalam menanggapi keluhan petani, Ketua DPD LIRA Mandailing Natal melalui Sekjen, Syawaluddin meminta aktifitas pekerjaan rehebilitasi jaringan irigasi Batang Gadis untuk sementara agar dihentikan.

“Untuk pihak rekanan (kontraktor) yang mengerjakan proyek jaringan irigasi Batang Gadis ini, ¬†harus menghentikan kegiatan tersebut dan mengganti kerugian petani,” ungkap Syawal kepada awak media ini di Panyabungan, Jum’at (1/9).

Salah satu warga yang tidak mau disebut namanya menjelaskan bahwa jaringan irigasi yang mengairi persawahan Desa Gunung Tua, Mompang, Sigalapang dan desa lainnya dengan luas hamparan hampir ratusan hektar diduga tidak berfungsi (gagal tanam),” tambahnya.

Sebelumnya, waktu menjelang bulan puasa yang lalu, dalam hasil musyawarah di kantor Camat Panyabungan. Kontraktor berjanji bahwa pekerjaan rehabilitas hanya dikerjakan dalam tempo dua bulan, nemun kenyataannya sudah lebih dari empat bulan belum juga selesai,” tutup syawal.

“Perlu diketahui sebelum berita ini dipublikasikan pihak irigasi maupun rekanan kontraktor tidak berhasil di hubungi untuk dimintai keterangannya. (M Efendi)

Komentar

News Feed