Jumat, Juli 30, 2021
BerandaSelesai Menjabat, Mantan Kades Namo Halu Akan Dilaporkan
Array

Selesai Menjabat, Mantan Kades Namo Halu Akan Dilaporkan

FAKTA PERS-KEPULAUAN NIAS

Terkait dugaan tindak korupsi Dana Desa (DD), mantan Kepala Desa Namo Halu, Kecamatan Namo Halu Esiwa, Kabupaten Nias Utara, Provinsi Sumatera Utara, Bezaro Harefa, akan dilaporkan ke pihak penegak hukum.

Berdasarkan Permendes No.21 Tahun 2015 tentang prioritas pengelolaan Dana Desa dan Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 tentang penggunaan Dana Desa (DD).

Mantan Kades, Bezaro Harefa, tidak ktansparannya terhadap pengelolaan dan penggunaan Dana Desa atau pengalokasian Dana Desa pada Tahun Anggaran 2016 lalu.

Salah satu warga Desa Namo Halu “HL” mengungkapkan pada Fakta Pers, Sabtu (02/08/2017), mantan Kades Namo Halu merencanakan sendiri pengalokasian dana desa tanpa melibatkan aparatur desa dan masyarakat.

“Kami sebagai masyarakat merasa kecewa dengan kepemimpinan mantan Kades Bezaro Harefa, lantas tata cara dan sasaran pengelolaan Dana Desa TA. 2016 lalu, tidak berdasarkan musyawarah desa. Apalagi pengeluaran atau anggaran yang dibutuhkan dalam pembangunan tidak transparan. Hingga laporan pertanggungjawaban Dana Desa TA 2016 diduga fiktif,” tutur warga.

Masyarakat Desa Namo Halu, merasa dirugikan dan tidak dipedulikan. Mereka berharap kepada Pemkab Nias Utara dan Pihak Hukum untuk dapat mengaudit pelaksanaan Dana Desa TA 2016 lalu dan memproses Kades Bezaro Harefa berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia.

“Hal ini, kami sebagai masyarakat akan melaporkan ke pihak penegak hukum, agar pihak hukum yang dapat memproses kasus ini. Berharap kasus ini dapat diproses secepatnya oleh pihak penegak hukum,” pungkas warga. (Deserman Lase)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments