oleh

Semangat Gugus Depan Pramuka MAN 1 Halteng Tak Diragukan

-Daerah-322 views

FAKTA PERS – HALMAHERA TENGAH.

Sebanyak 76 anggota Pramuka yang berasal dari siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Halmahera Tengah Kamis, (14/09/17) kemarin kembali menggelar Perkemahan Penerimaan Tamu Ambalan sekaligus dilkasanakan Pelantikan Perpindahan Golongan dari Penggalang ke Penegak Gugus Depan sebanyak 18 anggota Pramuka. Acara Pelantikan tersebut di laksanakan di pantai desa Loleo Kecamatan Weda Selatan Kabupaten Halmahera Tengah, Sabtu, (16/09/17) pukul 14.00 Wit dan malamnya di lanjutkan dengan upacara api unggun di halaman sekolah Madrasah Aliyah Negeri 1 Halmahera Tengah di desa Nurweda Kecamatan Weda.

Kegiatan kepramukaan itu berlangsung selama tiga hari yakni pada hari Kamis tanggal 14 sampai hari Sabtu tanggal 16 September 2017. Peserta yang mengikuti puncaknya upacara perkemahan api unggun di halaman sekolah Madrasah Aliyah Negeri 1 Halmahera Tengah yang berlangsung Sabtu, (16/09/17) malam pukul 21.00 Wit. Acara api unggun tersebut di hadiri Kepala Sekolah setempat Dr Lasamida Kurupunda yang sebagai Sekretaris Kuartir Cabang Pramuka Kabupaten Halmahera Tengah.

Acara puncak perkemahan Pramuka itu juga di ramaikan dengan rangkaian tarian lalayon yang  oleh peserta sekolah setempat dan di ikuti tepukan tangan dari 120 anggota Pramuka api unggun yang berlangsung di halaman sekolah Madrasah Aliyah Negeri 1 Halmahera Tengah. Upacara tersebut di pimpin langsung oleh Anisa Kiraling S.Pdi yang bertindak sebagai pembina upacara sekaligus didampingi Kepala Sekolah dan sejumlah guru-guru serta 76 peserta Pramuka.

Amatan Fakta Pers Media, sebelum upacara berlangsung Pembina Pramuka MAN 1 Halmahera Tengah, Anisa Kiraling S.Pdi menyampaikan materi kepramukaan sekaligus memandu gerakan kepramukaan dan di ikuti 76 orang peserta pramuka. Selain itu penyampaian materi dari, Munaja Isur S.Pd terkait dengan kode kepramukaan. Sementara Nurlela Samuda S.Pd menyampaikan tata cara berpakaian gerakan pramuka. Meskipun upacara tersebut di guyur hujan deras tetapi peserta Pramuka tetap semangat sehingga tak satupun yang menghindar sampai prosesi upacara api unggun selesai. Hujan makin menjadi tetapi api unggun tetap semangat dan berkobar yang tingginya kurang lebih 10 meter sehingga lokasi upacara perkemahan pramuka menjadi terang.

Annisa Kiraling yang juga sebagai Pembina Pramuka Gugus Depan MAN 1 Halmahera Tengah ini  menyampaikan tujuan kegiatan pramuka adalah untuk membangun karakter jiwa muda yang berkarya dan berjiwa Pancasila,” katanya.

Selain itu, kepada seluruh peserta perkemahan agar tetap semangat mudanya berkobar dan menyala seperti api unggun malam ini. “Saya bangga dan senang kepada adik-adik semua yang ikut pada acara malam ini. Meskipun kita di guyur hujan deras sampai basah kuyup seperti ini, tetapi semangat kepramukaan adik-adik patut di berikan apresiasi karena semangat adik-adik terus menyala seperti api yang kita hadapi saat ini,” ungkapnya.

Masa depan suatu bangsa kata Anisa sangat ditentukan oleh generasi muda yang saat ini sedang tumbuh. Generasi muda yang saat ini berusia 16-30 tahun banyak menyerap berbagai macam ilmu yang diperoleh dari mana saja termasuk dari internet, pendidikan formal, pendidikan informal, maupun Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) yang semakin maju dan lain-lain.

Oleh karena itu agar suatu bangsa mempunyai karakter yang utama maka generasi mudanya perlu mendapat arahan dari semua pihak agar mampu mempunyai filter diri yang kuat untuk menyaring berbagai macam informasi yang masuk agar tidak salah arah yang nantinya dapat mempengaruhi karakter suatu bangsa,” tutupnya. (Ode)

Komentar

News Feed