Sabtu, Mei 8, 2021
BerandaSMP IT Mutiara Al-Irsyadi  Satu-Satunya Sekolah Swasta Perintis GLS
Array

SMP IT Mutiara Al-Irsyadi  Satu-Satunya Sekolah Swasta Perintis GLS

FAKTA PERS – INDRAMAYU.

GLS merupakan Gerakan Literasi Sekolah di Jawa Barat dilakukan melalui Program West Java Leader’s Reading Challenge (WJLRC). Sebuah program unggulan hasil kerjasama Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Pemerintah Australia Selatan. Program yang lebih awal dirintis sejak tahun 2012 oleh guru-guru alumni peserta pelatihan di Adelaide Australia di bawah tanggung jawab Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Kini Dinas Pendidikan Jawa Barat melakukan gerakan literasi massif kepada sekolah-sekolah di Jawa Barat, menuju Jabar Literat, Jabar Kahiji. Be The First, Be The Best, Be Different.

Di Indramayu sendiri SMP IT Mutiara Al-Irsyadi merupakan satu-satunya sekolah swasta di Indramayu yang menjadi sekolah perintis literasi GSL dan mengikuti program WJLRC karena mengajukan diri. Seperti yang dijelaskan oleh Kepala Sekolah SMP IT Mutiara Al-Irsyadi Lilis Yuningsih S.Pd.M.M “Kami satu-sekolah swasta di Indramayu yang menjadi sekolah perintis literasi karna kami mengajukan diri dan ingin mengikuti sekolah-sekolah negri. ”

Siswa yang mengikuti WJLRC ditantang untuk mampu membaca 24 buku selama 10 bulan jika sudah selesai maka akan diteruskan dengan membaca dongeng,dan berkesempatan mengikuti jambore literasi jika menurut panitia siswa tersebut layak. Putri Fatimah Az-zahra salah satu siswi SMP IT Al-Irsyadi yang mengikuti program ini telah melebihi target membaca dari yang seharusnya 24 buku dalam waktu 10 bulan, ia mampu membaca sebanyak 45 buku dalam waktu 10 bulan. Menurutnya kebiasaan membaca ini memberikan banyak manfaat bagi dirinya, selain menambah ilmu pengetahuan juga dapat mengembangkan bakat dan berani menceritakan apa yang sudah dibaca.

Lilis Yuningsih berharap agar bisa tetap konsisten melakukan kegiatan ini,”secara umum kami cukup puas karena siswa kami ada yang melebihi target membaca, mudah-mudahan bisa konsisten mengikuti kegiatan ini.”harapnya.

(eka)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments