Sabtu, Mei 8, 2021
BerandaSPLU PLN Terpasang, Pasokan Listrik Pedagang Wisata Kuliner Terjamin
Array

SPLU PLN Terpasang, Pasokan Listrik Pedagang Wisata Kuliner Terjamin

FAKTA PERS – PURWAKARTA.

PT. PLN Kembangan infrastruktur teknologi kelistrikan yang ramah lingkungan dengan menyediakan Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) Beji Lintar.

Saat ini, Kabupaten Purwakarta telah tersedia dua unit SPLU yang terpasang di kawasan Wisata Taman Air Mancur Sri Baduga dan di kawasan wisata kuliner Jl. KK Singawinata tepatnya di depan gedung kembar.

Manager PLN Area Purwakarta, Majuddin mengatakan SPLU ini sebagai salah satu produk PLN untuk memenuhi ketersediaan infrastruktur kelistrikan ditempat umum maupun dipusat keramaian. “Fasilitas SPLU ini disediakan oleh PLN. Kita siapkan untuk melayani area publik, lebih khusus untuk pedagang kaki lima dimalam hari, kuliner, pasar malam dan tempat keramaian. SPLU ini di desain sebagai sumber listrik, stasiun listrik yang tertib dan aman,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, tentunya untuk mendukung kegiatan ekonomi masyarakat. “Makanya, kita sediakan untuk pedagang yang sifatnya temporer. Kemudian bisa digunakan untuk prototipe stasiun penyedia listrik, isi ulang kendaraan listrik. Kedepannya bisa saja dipasang diarea perkantoran maupun pusat perbelanjaan. Orang berbelanja atau bekerja dikantor bisa sambil mengisi ulang kendaraan listrik,” tandasnya.

Ia melanjutkan saat ini di Purwakarta sudah dua unit SPLU yang terpasang, di sekitar Kawasan Wisata Taman Air Mancur Sri Baduga dan Kawasan Wisata Kuliner di Jl. KK Singawinata depan gedung kembar. “Kapasitas masing-masing SPLU sebesar 5.500 VA. Kami targetkan tahun ini akan memasang 7 SPLU, 2 unit sudah terpasang, sebagian masih disurvey disekitar Giant, Plered, Bojong dan tempat lain. Kalau memang memungkinkan, nanti kita pasang,” kata Majuddin dikomplek kantor PLN Purwakarta, senin (11/9).

Desain SPLU itu, sambung dia, tipenya tidak mengganggu estetika kota. “Disesuaikan dengan estetika kota, bahkan modelnya bisa kita desain dengan karakter atau ciri khas kota setempat, seperti di purwakarta dengan kembang melatinya,” terang Majuddin.

Terpisah, Kabid Kepariwisataan dan Kebudayaan Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Pemkab Purwakarta, Heri Anwar mengatakan Pemasangan SPLU dikawasan wisata Taman Air Mancur dan Kawasan Wisata Kuliner Jl. KK Singawinata, sangat dirasakan manfaatnya oleh para pedagang kuliner. “Para pedagang merasa nyaman, terhindar dari gangguan arus pendek, menghindari pencurian listrik dan lebih efisien. Dimana sebelumnya, mereka mengambil listrik dari lampu taman PJU,” ujarnya.

Menurutnya, sebanyak 130 stand pedagang kuliner di Jl. KK Singawinata menyambut positif pemasangan SPLU ini, karena merasa terjamin. “Rencananya, kami juga sedang mengusulkan pemasangan SPLU di kawasan Wisata Kuliner di kampung maranggi kecamatan Plered dan di kecamatan Bojong,” jelas Kabid dikantornya.

Lebih lanjut, Heri mengatakan para pedagang diwisata kuliner akan membayar listrik sesuai kebutuhan. “Satu unit SPLU yang dipasang berkapasitas 5.500 VA, terdiri dari beberapa Box Kwh, Setiap box Kwh akan dibagi kepada 15 s/d 20 pedagang. Pengisian Kwh meter menggunakan token,” pungkasnya.

(rom)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments