Sabtu, Juli 31, 2021
BerandaWarga Tidore Antusias Nobar Film Penghianatan G-30S PKI
Array

Warga Tidore Antusias Nobar Film Penghianatan G-30S PKI

FAKTA PERS – TIDORE KEPULAUAN.

Pemutaran film pengkhianatan Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S PKI) oleh jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 1505/Tidore bersama dengan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan di arena pendopo open space, Jumat (29/09/17) malam mendapat antusias dari warga Tidore.

Pantauan Fakta Pers, warga mulai memadati areal nobar sejak pukul 08.15. Sementara pemutaran film dilakukan pukul 09.00 WIT hingga usai pukul 02.00 WIT. Bahkan, bukan hanya di dalam open speace disisi kanan area open speacepun dipadati warga mulai dari pelajar hingga masyarakat umum.

“Torang (kami) belum pernah nonton jadi datang kamari nonton bareng disini,” kata Intan Pelajar salah satu SMP di Tidore.

Sementara itu, sebelum memulai pemutaran film, dilakukan pemutaran video kesaksian anak Jendral yang menjadi korban kekejaman PKI. Serta diawali juga dengan arahan Dandim 1505/Tidore, Letkol Inf Harrisal Ismail Subing S.Sos memberikan sedikit arahan terkait dengan diputarnya film G30S PKI yang sejak lama sudah tidak lagi ditayangkan.

“Apa yang nantinya kita saksikan bersama lewat nonton bareng ini, selaku komandan Kodim sengaja ditujukan dengan tujuan untuk memberikan suatu pembelajaran kepada generasi penerus khususnya, bahwa betul pada tahun 1965 tanggal 30 September terjadi gerakan pemberontakan PKI. Apalagi ada kesaksiaan para saksi sejarah yang masi hidup itu,” tutur Dandim.

Dandim pada kesempatan itu juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat terlebih generasi muda agar tidak meniru perbuatan keji PKI tersebut.
“Karena banyak anak disini jadi saya meminta apabila kalian melihat ada tindakan kekerasaan didalam film ini maka mari sama-sama menjauhi perbutan yang keji itu dan tidak bolh kita lakukan,” katanya.

Turut hadir menyaksikan pemutaran film penghianatan G30S PKI tersebut, Staf Ahli Walikota Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan, Jamaluddin Badar, S.IP, Kepala kantor kementerian agama kota Tidore Kepulauan, H. Sarbin Sehe, S.Ag, M.Pd.I, Kapolsek Kota Tidore Kepulauan, IPTU La badau, Camat Tidore Abdul Hakim Adjam, Sekertaris KNPI Kota Tidore Kepulauan, Abdullah Jumati serta para masyarakat. Nobar sendiri berlangsung aman hingga usai.

(ss)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments