Jumat, Mei 7, 2021
BerandaAntisipasi Ancaman Nirmiliter, Tim Mabesad Gelar Kajian Pertahanan dan Proxy War di...
Array

Antisipasi Ancaman Nirmiliter, Tim Mabesad Gelar Kajian Pertahanan dan Proxy War di Malut

FAKTA PERS – TERNATE.

Dalam rangka memperkuat Pertahanan Wilayah Maluku Utara dari ancaman Nirmiliter dan Proxy War, Tim Mabesad laksanakan Pengumpulan Data dan Kajian Strategis di Makorem 152/Babullah Jl. AM Kamaruddin Kel. Sangaji Kota Ternate Prov. Maluku Utara, Selasa (17/10/17).

Kegiatan Puldata dan Kajian tersebut dipimpin langsung oleh Tim dari Markas Besar TNI Angkatan Darat Kolonel Inf Rimbo Haryono (selaku Ketua Tim) dan Kolonel Inf Adriansyah (selaku Sekretaris Tim), serta dihadiri Kasiter Korem Letkol Inf Drs. Rahmat Hasan yang mewakili Danrem 152/Babullah termasuk seluruh Kepala Seksi dan Perwira Seksi Korem serta Perwira Staf Khusus Korem 152/Babullah.

Dalam penjelasan Tim kepada peserta yang hadir bahwa ancaman Nirmiliter memiliki dimensi penanganan yang berbeda dengan pendekatan penanganan ancaman militer. Dalam menghadapi kondisi Negara yang menghadapi ancaman aktual berupa ancaman Nirmiliter maupun Proxy War, sistem Pertahanan Negara disusun dalam lapis Pertahanan Nirmiliter sebagai unsur utama untuk mengambil langkah-langkah penanganan dengan pendekatan Nirmiliter dengan memberdayakan instrumen Ideologi, Politik, Ekonomi, Psikologi, Sosial Budaya, Informasi dan Teknologi, serta Hukum dan HAM.

Ketua Tim sendiri dalam penjelasannya mengatakan Inti Pertahanan Nirmiliter adalah Pertahanan secara Nonfisik yang tidak menggunakan senjata seperti yang dilakukan oleh Lapis pertahanan militer, akan tetapi lebih kepada pemberdayaan faktor-faktor Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial Budaya dan Teknologi melalui profesi, pengetahuan dan keahlian, serta kecerdasan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan.

Pertahanan Nonmiliter diwujudkan dalam peran dan lingkup fungsi Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPND) diluar bidang Pertahanan melalui penyelenggaraan pembangunan nasional sesuai dengan bidangnya masing-masing, apabila di daerah maka dilaksanakan oleh Pemda “Dalam kerangka pertahanan berlapis, maka lapis Pertahanan Militer menyokong lapis Pertahanan Nirmiliter, yang pelaksanaannya disesuaikan dengan issue atau ancaman militer guna mencapai hasil yang maksimal” pungkasnya.

Dalam keterangannya Ws. Kapenrem 152/Babullah Kapten Inf Heru Darujito menyampaikan bahwa kegiatan Puldata serta Kajian Pertahanan Nirmiliter dan Proxy War tersebut akan berlangsung selama 3 hari kedepan dimana Tim Mabesad yang merupakan para Staf Ahli KASAD juga akan mengunjungi Kodim dan Koramil jajaran Korem 152/Babullah, sementara hasil Kajian nantinya akan diserahkan kepada KASAD untuk pengambilan kebijakan lebih lanjut.

(ss/Penrem 152)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments