Minggu, Juli 25, 2021
BerandaBupati Malang H. Rendra Kresna: Saya Sungguh Prihatin Pulau Sempu Ditutup
Array

Bupati Malang H. Rendra Kresna: Saya Sungguh Prihatin Pulau Sempu Ditutup

FAKTA PERS – MALANG.

Data yang diperoleh menyatakan, bahwa Pulau Sempu merupakan kawasan cagar alam sejak jaman kolonial Belanda ini yaitu melalui Surat Keputusan Gubernur Jenderal Hindia Belanda, tertanggal 15 Maret 1928 Nomor. 46 Stbl. No. 69.

Sementara, kondisi pulau kecil yang banyak menyimpan potensi kekayaan alam tersebut, saat ini menjadi ramai dibicarakan. Hal ini terjadi karena ada laporan kerusakan di sana. Sehingga, atas kondisi tersebut pulau ini ditutup.

Seperti yang diketahui, penutupan Pulau Sempu yang terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjingwetan, dan merupakan salah satu mutiara alamnya Kabupaten Malang, dari wisatawan membuat Bupati Malang prihatin.

“Kalau memang ada kerusakan di Sempu, tindak secara hukum siapapun itu. Mau wisatawan, pejabat atau siapapun. Tapi kalau ditutup seperti ini, terang saja membuat prihatin semua pihak,” tegas Bupati Malang H. Rendra Kresna, Senin (09/10/2017).

“Yang pasti, atas penutupan Pulau Sempu, Saya sungguh prihatin,” ujarnya.

Lebih lanjut, Rendra mengungkapkan, apabila Pulau Sempu ditutup dari wisatawan hanya karena statusnya sebagai kawasan cagar alam, itu pun menjadi tidak tepat. Di berbagai daerah bahkan negara lainnya, tidak ada larangan bagi wisatawan untuk menikmati keindahan alam yang berada di wilayah konservasi atau cagar alam.

Bahkan, keprihatinannya itu bukan karena sekedar kepentingan pendapatan dari sektor wisata dari pulau seluas 877 hektar ini, tapi lebih pada keberlanjutan proses saling menjaga kawasan konservasi tersebut yang selama ini melibatkan masyarakat setempat beserta unsur lain di wilayah pesisir laut selatan.

“Pemerintah Kabupaten Malang, tidak terlalu khawatir kalau memang akhirnya Pulau Sempu ditutup dalam koridor pariwisata. Tapi, perlu diketahui, Saya prihatin karena Sempu itu sudah milik bersama bahkan dunia. Kalau sekedar  pariwisata kita kan punya banyak sekali destinasi wisata lainnya,” pungkas dia.

(Putut)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments