Sabtu, Juli 31, 2021
BerandaDana Desa Bisa Dimanfaatkan Untuk Pelatihan Bagi Kader PKK, Zaidan: Tergantung Musyawarah...
Array

Dana Desa Bisa Dimanfaatkan Untuk Pelatihan Bagi Kader PKK, Zaidan: Tergantung Musyawarah Desa

FAKTA PERS – SAROLANGUN.

10/10 Pemanfaatan dana desa (DD) yang hampir mencapai 1 milyar perdesa bisa digunakan untuk pelatihan bagi kader PKK desa masing-masing, untuk pengembangan dan peningkatan SDM pada kaum ibu untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga.

Namun, dana desa itu bisa diberikan jika ada kesepakatan dalam musyawarah desa setempat dan mengacu pada aturan kementerian desa.

Hal itu dikatakan Kadis PMD Sarolangun Drs Ahnmad Zaidan, kemarin (10/10) usai melakukan pertemuan dengan Ketua PKK Sarolangun Ny. Hj Rosita Endra, Wakil Ketua Ny Hj Lili Suryani Hilal, PKK Kecamatan dan Desa di Aula PKK Sarolangun.

“Kalau dana desa itu boleh kategori pemberdayaan kelembagaan masyatakat, tapi sesuai dengan musyawarah desa,” katanya.

Dijelaskannya PKK bisa mengadakan pelatihan dalam peningkatan SDM, peningkatan kapasitas, dan keterampilan kader PKK, seperti pelatihan menjahit, menganyam, kerajinan dan ekonomi kreatif.

“Seperti latih PKK, apa kira-kira yang bisa dilatih seperti eli alat mesin jahit pakai dana desa, tapi harus ada musyawarah desa sesuai dengan peraturan kementerian desa,” jelasnya.

Ketika dana P2DK, apakah bisa digunakan untuk kegiatan PKK, dirinya menjawab tidak bisa. Karena dana P2DK memang arahnya untuk peningkatan ekonomi masyarakat dan infrastruktur desa. Namun, dirinya masih akan meminta pendapat Bupati Sarolangun Drs. H Cek Endra mengenai hal itu.

“Kalau P2DK bukan arahannya, PKK minta untuk peningkatan SDMnya, tapi itu tidak bisa, tapi kita akan konsultasi itu dengan Bupati,” jelasnya.

Sementara itu Ketua PKK Ny. Rosita Endra menyebutkan akan membahas secara lebih dalam lagi bersama anggota PKK Kecamatan dan Desa, serta Dinas PMD bagaimana kedepannya. Namun, dirinya berharap Dana Desa bisa dipakai untuk peningkatan SDM kader PKK.

“Kita akan tindak lanjuti, kelembagaan boleh dilakukan seperti pelatihan, karena kita tahu SDM kita minim sekali pengrajin, begitu juga dengan usaha peningkatan pendapatan keluarga, keterampilan kita kembang, keminiman SDM kita, maka perlu kita tingkatkan,” katanya.

Apalagi disebutkannya Desa saat ini banyak dana yang sudah masuk, mulai dari Kabupaten, Provinsi dan Juga Pusat. Tentunya PKK harus memiliki peran dalam meningkatkan kemajuan desa.

Dirinya menghimbau kader PKK untuk lebih mendalami pemahaman anggaran yang ada di desa, baik untuk pengurus PKK Kabupaten,Kecamatan dan desa, karena selama ini saat turun ke desa,banyak ditemukan permasalahan dan kendala di berbagai bidang.

“Jadi, kita akan bahas lagi secara khusus supaya kedepannya bisa diikutsertakan lebih fokus lagi, bagaimana keterampilan kita dengan dekranasda sendiri, dan kita bisa dibantu,” tukasnya.

(Bullda)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments