Jumat, Juli 30, 2021
BerandaDinkes Provsu POPM Cacingan Di SDN 0507 Latong
Array

Dinkes Provsu POPM Cacingan Di SDN 0507 Latong

FAKTA PERS – PADANG LAWAS.

Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Provsu) laksanakan program Pemberian Obat Pencegahan Masal (POPM) Cacingan di Kabupaten Padang Lawas (Palas), dimana untuk pelaksanaan secara simbolis dilakukan di SDN 0507 Latong, Kecamatan Lubuk Barumun, Jum’at (6/10/17).

“Kami dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara didampingi staf Dinas Kesehatan Kabupaten dan Puskesmas Latong sedang melaksanakan program nasional pemberian obat cacing secara masal di Kabupaten Padang Lawas, dan secara simbolis sekolah ini yang dihunjuk untuk pelaksanaanya”.

“Program ini bukan hanya di Wilayah Provsu saja tapi seluruh Indonesia melaksanakannya, jadi tidak memandang status pengobatan, walaupun semalam siswa sudah minum obat cacing, namun hari ini wajib kami berikan dengan sasaran siswa dasar maksimal 12 tahun”.

“Semua sekolah di Kab. Palas ini wajib dikunjungi dan diberikan obat cacing, maka kita dari Dinas Kesehatan Provsu akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Lawas, program ini mereka yang melanjutkan dengan waktu satu bulan dan semua sekolah dasar harus dikunjungi”.

“Kita sudah menjelaskan kepada pihak sekolah mengenai efek samping dari obat ini tidak lebih dari dua hari, apa bila ada siswa yang mengalami demam, mual, muntah segera laporkan ke Puskesmas setempat”, ungkap Harpe yang mengaku staf pada Dinkes Provsu.

Sementara dr. Ilham selaku Kabid pencegahan dan pengendalian penyakit (P2P) pada Dinkes Palas saat ditemui di ruangan kerjanya mengatakan, “Untuk Palas belum semua sekolah mendapatkan pil cacing untuk siswa sekolah dasar, biasanya pemberian pil cacing 2 kali dalam setahum dengan rincian 1 kali dalam 6 bulan dan itu tergantung perencanaan dari puskesmas setempat, walaupun si anak sudah mendapatkan pil cacing seminggu atau dua Minggu sebelumnya, itu tidak akan menjadi masalah bahkan semakin bagus, sisa-sisa cacing atau telur cacing bisa di basmi dengan pil cacing ini”.

Tambahnya, “Dinkes Provsu melakukan kegiatan itu didampingi Dinkes Palas dan puskesmas setempat, jadi sifatnya kita hanya memfasilitasi, sebenarnya untuk Provsu baru kali ini di lakukan di Palas, sedangkan kalau kita ini sebenarnya sudah rutin kita lakukan di sekolah, seperti program BIAS (Bulan imunisasi anak sekolah).

Sekaligus melanjutkan program Dinkes Provsu, akan kita lakukan di bulan November ini”, terangnya menjelaskan.

Kepala Sekolah SDN 0507 Latong, Asran Hasibuan sangat berterimakasih terhadap Dinkes Provsu maupun Dinkes Palas yang sudah menghunjuk sekolah binaanya sebagai perwakilan dari sekolah dasar yang ada di Palas dalam pelaksanaan simbolis POPM, dan terhadap dr Sri Bahagia Tanjung selaku Kepala Puskesmas Latong, karena selalu melibatkan siswa binaanya dalam program-program kesehatan, pihaknya berharap semoga kegiatan ini terus berjalan untuk menciptakan siswa yang sehat.

(R9)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments