Sabtu, Juli 31, 2021
BerandaDishut Pemprov Malut Diminta Gelar Bimtek SIPUHH di Halteng
Array

Dishut Pemprov Malut Diminta Gelar Bimtek SIPUHH di Halteng

FAKTA PERS – HALMAHERA TENGAH.

Dinas Kehutanan Provinsi Maluku (Pemprov Malut) diminta melaksanakan Bimtek SIPUHH Online di tiga Kabupaten/Kota di Maluku Utara di antaranya Kabupaten Halmahera Tengah, Halmahera Timur dan Halmahera Selatan. Kegiatan ini di lakukan untuk mendukung pelaksanaan penatausahaan kehutanan secara online.

Hal ini disampaikan Ketua Forum Anti Korupsi Kabupaten Halmahera Tengah, Muhammad Yasin Nawawi kepada Fakta Pers Media Kamis, (05/10/2017) via telpon kemarin.

Karena menurutnya, masih banyak penampungan kayu di Kabupaten Halmahera Tengah yang dinilai bebas dari pembayaran pajak di karenakan belum memiliki izin dokumen Sistim Informasi Penatausahaan Hasil Hutan (SIPUHH) yang telah di berlakukan sekaligus diterapkan pada tahun ini.

Sistem Informasi Penatausahaan Hutan (SIPUHH) secara online. Karena tujuannya untuk mendukung implementasi sistem Dinas Kehutanan. Untuk itu, warga meminta Dishut Pemprov Malut menggelar bimbingan teknis kepada sejumlah pemilik pangkalan kayu olahan di antaranya Mustakdir, Hi Latif, Usman Lawer, Daeng Ancu, Isnadi Sunu yang telah mempekerjakan puluhan karyawan penggergajian di setiap hutan di Kabupaten Halmahera Tengah.

Selain SIPUHH Dishut juga harus menerapkan Simponi, perusahaan IUPK-hutan alam dan hutan tanaman bisa mengurus dokumen kayu secara online. Kemudian dokumen bisa dicetak langsung setelah membayar iuran yang juga melalui online. “Jadi tak perlu lagi ke Dishut kabupaten,” jelasnya.

Untuk itu warga meminta Dishut melakukan Bimtek dalam waktu dekat dan harus menghadirkan narasumber dari Direktorat Iuran dan Peredaran Hasil Hutan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Tujuannya untuk meningkatkan sumber daya manusia yang ada di unit manajemen pemegang izin usaha pemanfaatan hasil hutan kayu (IUPHHK).

(Ode)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments