Jumat, Maret 5, 2021
Beranda DPRD Tidore Setujui Ranperda Adat Kesultanan Tidore
Array

DPRD Tidore Setujui Ranperda Adat Kesultanan Tidore

FAKTA PERS – TIDORE KEPULAUAN.

DPRD Kota Tidore Kepulauan menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pengakuan dan Perlindungan Adat Istiadat serta Budaya Masyarakat Adat Kesultanan Tidore. Melalui rapat paripurna ke-3 masa persidangan III Tahun 2017 tentang Pandangan akhir Fraksi-fraksi tentang Ranperda Pengakuan dan Perlindungan Adat Istiadat serta Budaya Masyarakat Adat Kesultanan Tidore, Kamis (19/10).

Rapat yang berlangsung di gedung DPRD tersebut dipimpin Ketua DPRD Anas Ali dan dihadiri Walikota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim, MH, Wakil Walikota Muhammad Senin, SE serta 22 anggota yang terdiri Enam Fraksi  DPRD Kota Tidore Kepulauan.
Enam Fraksi masing-masing Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Partai Golkar, Fraksi Amanat Indonesia Raya, Fraksi Bintang Kebangsaan, Frakasi PDI Perjuangan dan fraksi Partai Nasdem, dalam pandangan akhir fraksi menyatakan menerima dan menyutujui Ranperda Pengakuan dan Perlindungan Adat Istiadat serta Budaya Masyarakat Adat Kesultanan Tidore dan dituangkan ke dalam Keputusan DPRD Kota Tidore Kepulauan nomor 170/16/02/2017, untuk selanjutnya ditetapkan sebagai Peraturan Daerah.

Walikota Tidore Kepulauan dalam sambutannya menyampaikan sesuai prosedur dan mekanisme yang berlaku, maka oleh DPRD, telah dianggendakan dan dilaksanakan rapat pembahasan atas Ranperda dimaksud, oleh tim khusus dari Pemerintah Daerah bersama Pansus B DPRD Kota Tidore, yang pada intinya telah melakukan pembahasaan dan pengkajian secara mendalam untuk memboboti materi muatan dalam kerangka penyempurnaan rumusan norma yang tercantum dalam Ranperda tentang Pengakuan dan Perlindungan Adat Istiadat serta Budaya Masyarakat Adat Kesultanan Tidore.

Capt. Ali ibrahim mengatakan hal tersebut menunjukan komitmen dan perhatian yang sungguh-sungguh antara Pemda Kota Tidore dan DPRD dalam memberikan dukungan finansial atas terselenggaranya dan kelancaran pelaksanaan kegiatan yang berkaitan denganperlindungan dan pelestarian adat dan budaya Kesultanan Tidore. Untuk itu, orang nomor satu di Kota Tidore Kepulauan tersebut memberikan apresiasi dan penghargaan serta ucapan terimah kasih Ketua, Wakil Ketua, dan Para Anggota DPRD serta Ketua dan Anggota Pansus B yang telah bekerja keras dengan penuh semangat untuk menyelesaikan dan menuntaskan Ranperda tersebut untuk diparipurnakan dan disetujui serta selanjutnya ditetapkan dan diundangkan menjadi Peraturan Daerah.

Turut hadir pada Rapat Paripurna, Unsur Forkompinda, para Assisten, Staf Ahli, pimpinan SKPD lingkup Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dan tamu undangan lainnya.

(ss/Hms)

Most Popular

Recent Comments