Kamis, Mei 13, 2021
BerandaDugaan Dokumen Duit di Halteng Lebih Jitu Daripada Dokumen Industri
Array

Dugaan Dokumen Duit di Halteng Lebih Jitu Daripada Dokumen Industri

FAKTA PERS – HALMAHERA TENGAH.

Aksi kegiatan illegal logging di Kabupaten Halmahera Tengah terlihat  semakin marak. Buktinya, sejumlah pengusaha kayu yang tidak memiliki dokumen SIPUHH terlihat semakin liar melakukan pembalakan liar sekaligus mendistribusian kayu olahan keluar daerah. Kegiatan liar ini terjadi karena diduga dinas terkait membiarkannya bahkan diduga diberikan dokumen bekapan dari dinas terkait.

Aksi liar ini dikabarkan dua pemilik dokumen industri di Halteng menjadi penonton karena takut mendistribusikan kayu olahan keluar Halteng. Padahal kedua orang itu memiliki dokumen industri. Hal ini di sampaikan salah satu warga Desa Loleo Kecamatan Weda Selatan Kabupaten Halmahera Tengah kepada Fakta Pers Media Selasa, (03/10/2017) kemarin.

Menurut warga yang meminta tidak dipublikasi identitasnya ini, “dari amatan saya kata dia pengusaha kayu di Halteng ini sudah sangat marak, lihat saja pengusaha yang tidak memiliki dokumen industri malah lebih disegani dan di biarkan setiap aksi pembalakan liarnya bahkan sampai ke tingkat pendistribusian. Padahal, mereka – mereka itu belum memiliki dokumen industri, apa lagi sampai kayu olahan mereka dijual keluar daerah,” akunya.

Untuk itu patut diduga ini ada pembekapan dari petugas sehingga sampai saat ini kegiatan kayu olahan tidak pernah ada efek jeranya malah bertambah marak terjadi dan tak diketahui asal-usul ratusan kubik kayu tersebut. Sementara, pengusaha yang tidak mendapat bekapan dari pihak manapun karena mengandalkan sudah mengantongi dokumen industri dari Dinas Kehutanan malah kena masalah aksi pendistribusian kayu olahannya. Dia mengaku jika kita amati bersama kata dia, ternyata dokumen duit lebih jituh di bandingkan dokumen industri yang di keluarkan oleh Pemerintah dalam hal ini Dinas Kehutanan,” kesal warga itu kepada Fakta Pers Media Selasa, (03/10/2017) kemarin.

(Ode)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments