Kamis, Mei 13, 2021
BerandaFantastis, Mobil Tangga Damkar Pemkot Batu 9,4 Miliar Rupiah
Array

Fantastis, Mobil Tangga Damkar Pemkot Batu 9,4 Miliar Rupiah

FAKTA PERS – KOTA BATU.

Mobil tangga (aerial ladder unit) pemadam kebakaran yang memiliki spesifikasi khusus, diantaranya, ketinggian tangga yang mampu memcapai 24 meter, sedangkan tangki yang mampu menampung air sebanyak 1500 liter serta foam 2500 liter, kini dimiliki oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Batu, Jawa Timur.

Memang terbilang Wow bila orang awam mendengarnya, pasalnya, satu unit mobil pemadam kebakaran ini harganya sungguh fantastis, yang mencapai 9,4 miliar rupiah. Sementara, pengadaan mobil ini sebagai leading sectornya adalah Dinas Penanggulangan Kebakaran Kota Batu, dengan menggunakan alokasi anggaran Tahun Anggaran 2017.

Untuk itu, harga mobil pemadam kebakaran yang cukup fantastis ini, mekanisme pengadaannya harus terbuka termasuk soal lelang tendernya. Hal ini seperti yang dipertanyakan oleh Direktur Lembaga Pemantau Penyelenggara Keuangan Negara dan Daerah (LP3KND) Supriyadi SH, kaget dengan besaran anggaran pengadaan mobil Damkar bertangga itu.

Dari harga mobil yang Wow, cukup fantastis ini. Mungkin harus diselidiki, bagaimana proseh tender dan lelangnya. Karena ini harus terbuka,” ujar Supriyadi.

Menurut dia, sejak ditangkapnya Wali Kota Batu Edy Rumpoko dan Kepala ULP Pemkot Batu Edi Setiawan oleh tim Satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) beberapa waktu lalu, ini ada dugaan main mata dengan rekanan pemenang tender.

“Saya meragukan pengadaan mobil tangga itu dan pertanyakan semua itu, Saya kira cukup beralasan,” tandas dia.

Lebih lanjut ditegaskan olehnya, informasi yang diterima olehnya, bahwa KPK sudah menyita beberapa dokumen penting terkait proyek-proyek vital Kota Batu, salah satu diantaranya adalah pengadaan mobil tangga pemadam kebakaran senilai 9,4 miliar rupiah.

Dengan kondisi demikian, Supriyadi mengharapkan KPK mengusut tuntas masalah pengadaan mobil tangga pemadam kebakaran tersebut. “Saya berharap, semua bersih dan tidak ada permainan suap menyuap,” pungkas dia. (Putut)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments