Selasa, Maret 2, 2021
Beranda Gudep SMA Negeri 1 Bawolato Laksanakan Kegiatan Penjelajahan
Array

Gudep SMA Negeri 1 Bawolato Laksanakan Kegiatan Penjelajahan

FAKTA PERS – KEPULAUAN NIAS.

Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang memiliki arti rakyat muda yang suka berkarya. Gerakan pramuka disebut juga gerakan kepanduan, adalah lembaga pendidikan nonformal yang mengajarkan pengetahuan tentang pramuka dan kegiatan kegiatan kepramukaan serta tingkatannya kepada para pelajar kaum muda Indonesia pada umumnya. Pramuka adalah sebutan bagi anggota gerakan pramuka (Kwarnas).

Pramuka adalah warga negara Indonesia yang aktif dalam pendidikan kepramukaan serta mengamalkan Satya Pramuka dan Darma Pramuka.

Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur.

Mengingat pentingnya kepramukaan, salah satu sekolah yaitu SMA Negeri 1 Bawolato yang berada di wilayah Kecamatan Bawolato, Kabupaten Nias, Provinsi Sumatera Utara melaksanakan kegiatan penjelajahan atau lintas alam.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Bawolato, Rosmawati Harefa, membuka secara resmi kegiatan penjelajahan yang pesertanya siswa/i SMA Negeri 1 Bawolato, pada Jumat (20/10/2017).

Rosmawati Harefa menyampaikan dalam arahanya, menjadi seorang anak pramuka harus siap mental , tunduk dalam perintah kakak pembina dan bertahan hidup di alam bebas.

“Saya berharap siswa/i yang mengikuti kegiatan kepramukan dapat memaknai apa arti kepramukaan,” tutur Kepsek.

Selain itu, Danpos Ramil Kecamatan Bawolato Serda Siduhu Tafonao menyampaikan, ia sangat mendukung kegiatan kepramukaan dan patuh di kembangkan. “SMA Negeri 1 Bawolato salah satu sekolah yang patuh di contoh di banding sekolah lain yang berada di wilayah Kecamatan Bawolato apa lagi Kepsek dan guru-guru mendukung hadirnya kegiatan  kepramukaan Gudep SMA Negeri 1 Bawolato”.

Penjelajahan sebuah perjalanan yang sulit untuk di lewati bagi anak pramuka, namun perserta pramuka tak peduli di guyur hujan dan sinar panas di tengah perjalanan, lumpur, sungai dan hutan siap dilintasi.

Pada kegiata tersebut, panitia kegiatan penjelajahan Mr. Telaumbanua melaporkan bahwa, jumlah peserta penjelajahan sebanyak 60 orang yang terbentuk 6 sangga peserta dengan melintasi 10 Km dan pesertanya dalam keadaan sehat.

(Deserman Lase)

Most Popular

Recent Comments