Sabtu, Mei 8, 2021
BerandaGunung Agung Bali Keluarkan Asap Berwarna Abu-Abu Akibat Pantulan Cahaya Pagi Hari
Array

Gunung Agung Bali Keluarkan Asap Berwarna Abu-Abu Akibat Pantulan Cahaya Pagi Hari

FAKTA PERS – BALI.

Aktivitas Gunung Agung di Karangasem Bali makin meningkat sejak pekan lalu. Status gunung berapi terbesar di Bali itu menjadi awas atau level 4.

Intensitas gempa semakin naik, suhu udara juga naik hingga mencapai 23-26 derajat celcius lebih panas dari sebelumnya di kisaran 19-20 derajat Celcius.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Agung I Dewa Mertayasa mengatakan, sebenarnya tidak terlalu beda jauh dengan kondisi sebelumnya. Namun kali ini, asap berupa uap air lebih tebal dan lebih tinggi.

“Kenapa sekarang asap terbang lebih tinggi di atas kawah hingga mencapai 200 meter, itu tergantung arah angin,” kata Dewa Mertayasa di Rendang Dangin Pasar, Desa/Kecamatan Rendang, Karangasem.

Sementara Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Gede Suantika, mengatakan keluarnya asap (solfatara) berwarna abu-abu pada kawah Gunung Agung akibat pantulan cahaya pada pagi hari.

“Saya tegaskan warna asap yang keluar dari Gunung Agung masih berwarna putih dan belum berwarna abu-abu,” ujar Gede Suantika saat ditemui  di Pos Pengamatan Gunung Agung, Karangasem,(11/10/17).

Dia mengatakan Gunung Agung yang berada pada ketinggian 3.142 meter di atas permukaan laut itu belum mengeluarkan abu vulkanik.

“Kami akan terus melakukan pemantauan dan sampai saat ini tidak ada perubahan warna asap,” tandasnya, dan pihaknya tetap memberikan informasi kepada masyarakat agar tidak mendaki gunung dan masuk ke zona rawan.

“Kami imbau agar jangan masuk ke zona ini, karena Gunung Agung masih kritis. Saya mengharapkan masyarakat dan wisatawan tidak masuk ke dalam radius awas ini,” ujarnya

Jika sebelumnya kondisi Gunung Agung normal,  menjadi tujuan pendakian para wisatawan. Pemandangan di Gunung Agung menyajikan keindahan alam khas nusantara. Dari puncak gunung dengan ketinggian 3.031 meter di atas permukaan laut itu, pendaki bisa melihat puncak Gunung Rinjani di Pulau Lombok untuk sisi sebelah timur.

Dari puncak Gunung Agung, kepulauan Nusa Penida di sisi selatan gunung juga bisa dilihat, termasuk Pantai Sanur. Untuk sisi barat laut, dari puncak Gunung Agung, pendaki bisa melihat Gunung dan Danau Batur.

(Nugraha)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments