Kamis, April 15, 2021
BerandaJelang Musim Hujan Bupati Malang Minta Kebersihan Sungai
Array

Jelang Musim Hujan Bupati Malang Minta Kebersihan Sungai

FAKTA PERS – MALANG.

Akhir bulan Oktober ini nampaknya di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur bakal terjadi cuaca ekstrim, hal ini terbukti beberapa hari terakhir hujan lebat berdurasi cukup panjang kerap kali terjadi di daerah ini.

Sementara, akibat cuaca buruk dengan intensitas hujan yang tinggi menyebabkan banjir. Salah satu penyebabnya, sungai yang kotor, sehingga tidak bisa menahan air dan meluap, maka terjadilah banjir. Ini seperti yang dikatakan Bupati Malang H. Rendra Kresna, Senin (23/10/2017) malam, saat Bina Desa di Desa Sidodadi Kecamatan Lawang Kabupaten Malang.

“Salah satu penyebab banjir adalah sungai yang kotor, dan tidak bisa menahan aliran air yang kencang,” ujar bupati.

Menurutnya, saat ini memang kondisi sungai yang ada di wilayah Kabupaten Malang memang sudah banyak yang tercemar. Apalagi, pencemaran itu terutama secara langsung dari limbah rumah tangga.

Akibat limbah rumah tangga yang tiap detik dibuang ke sungai, ditegaskannya, telah menjadi penyebab matinya ekosistem dalam air. Selain itu, limbah-limbah yang lain juga mengakibatkan menumpuknya sampah dalam aliran sungai.

“Yang pasti, saat ini kondisi cuaca berubah drastis. Hujan lebat sudah terjadi di setiap daerah, Saya minta Kita semua bertanggungjawab untuk menjadikan sungai bersih, sehingga bebas dari banjir,” pungkas Rendra. (Putut)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments