Senin, Agustus 2, 2021
BerandaMakan Patita Simbol Kebersamaan TNI dan Rakyat di Oba Tidore
Array

Makan Patita Simbol Kebersamaan TNI dan Rakyat di Oba Tidore

FAKTA PERS – TIDORE KEPULAUAN.

Ada hal menarik antara masyarakat dan Tentara Nasional Indonesia (TNI), khususnya jajaran Kodim 1505/Tidore seusai melaksanakan upacara HUT TNI ke-72 di Desa Talagamori, Kecamatan Oba, Kota Tidore Kepulauan, Kamis (05/10/17) siang kemarin.

Di bawah sengatan panasnya mentari dan beralaskan daun pisang, mereka (TNI dan Rakyat – Red) berlesehan di atas lapangan terbuka dan berbaur menjadi satu.

Kebersamaan masyarakat, TNI dan juga kepolisian di lapangan sambil berjemuran itu, bukan untuk rapat, melainkan sedang menikmati makan patita atau makan besar sepanjang 100 meter.

Berbagai jenis makanan tradisional pun dihidangkan, mulai dari ubi, singkong, keladi, sagu, pisang, ketupat, sayur serta daging ayam dan ikan tersaji rapi diatas lesehan tersebut. Para TNI, Polisi, berpangkat Prajurit hingga Perwira, masyarakat maupun para siswa SD, SMP, hingga SMA duduk berjejeran saling berhadapan menyantap hidangan dengan penuh rasa syukur dan kegembiraan.

Sebagai acara yang langka dan baru pertama dilakukan di Talagamori, tentunya menjadi moment spesial bagi setiap orang yang hadir. Sehingga setiap dari mereka mengambil kesempatan untuk mengabadikan moment dengan berfoto bersama maupun selfi sendiri. Bahkan, terlihat Dandim 1505/Tidore Letkol Inf Harrisal Ismail Subing S.Sos dan Kapolres Tidore, AKBP. Azhari Juanda, S.Ik juga tak mau kalah. Mereka berdua juga ikutan selfi bersama.

Kebersamaan itulah yang menjadi tujuan acara makan patita ini. Dimana, makan patita merupakan budaya orang Maluku, dengan mengajak warga dalam jumlah banyak untuk ikut menikmati hidangan makanan. Namun, bukan pada menu makanan yang menjadi pertimbangan utama, tetapi nilai kebersamaan dan kekeluargaan yang menjadi dasarnya. Olehnya itu, makan patita ini mengandung maksud sebagai salah satu momentum kebersamaan, menjaga dan melestarikan ikatan silaturrahmi untuk senantiasa dipupuk.

“Makan patita itu dilakukan agar rasa kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI dan Rakyat tetap terjaga. Disamping itu, semacam penegasan TNI dan rakyat tidak bisa dibeda-bedakan,” kata Pasi Intel Kodim 1505, Kapten Inf. Muji Utama.

Kegiatan makan patita sendiri berjalan lancar hingga usai. Nampak kegembiraan serta suka citapun masi terlihat jelas diantara warga dan TNI.

“Alahamdulillah kami senang bisa bersama TNI dan Polisi, makan bersama seperti ini. Acara makan seperti ini baru pertama dilakukan di desa kami,” kata Ikbal warga desa Talagamori. Untuk itu, dirinya berharap agar kegiatan ini dapat dilaksanakan di tahun berikutnya terutama di acara TNI seperti ini.

(ss)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments