Selasa, Juni 15, 2021
BerandaPanwaslu Kota Tikep Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Pada Kades Oba Utara
Array

Panwaslu Kota Tikep Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Pada Kades Oba Utara

FAKTA PERS – TIDORE KEPULAUAN.

Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara , Minggu, 22 Oktober 2017 kemarin menggelar Sosialisasi Pengawasan Pemulihan Umum Partisipatif di Aula Penginapan Yusmar Desa Balbar Kecamatan Tidore Utara.

Dalam kegiatan sosialisasi yang diberinama NGOPI ” Ngobrol Pemilu” tersebut melibatkan Kepala-kepala Desa/Kelurahan serta Kapolsek Oba Utara, Tokoh Masyarakat serta Tokoh Pemuda.

Sosialisasi tersebut dibuka langsung Ketua Panwaslu Kota Tikep, Ismail Idris, SH. didampingi Anggotanya dibidang Devisi Hukum dan Penindakan Bahrudin Tosofu, SH serta tiga Anggota Panwascam terpilih di wilayah kecamatan Oba Utara.

Ketua Panwaslu Ismail Idris, SH mengatakan, kegiatan sosialisasi pengawasan partisipafif merupakan kegiatan rutin yang digelar Panwaslu Tikep pada menjelang pemilihan umum nanti.

Sementara Devisi Hukum dan Penindakan Bahrudin Tosofu, SH mengatakan, sosialisasi yang dilakukan bertujuan untuk pemperketat pengwasan yang nantinya akan melibatakan masyarakat dalam mengahadapi pemilihan umum, pemilihan Guberunur dan Wakil Gubernur, DPD, DPR, DPRD serta Pemilu Persidan dan Wakil Presiden mendatang.

Dalam pertemuan ini, Panwaslu lebih mendengar apa yang disampaikan oleh Kepala Desa/Kelurahan terkait pemahaman keterlibatan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Sejumlah Kepala Desa/Kelurahan mengakui ketidak pahamannya terkait peraturan-peraturan yang mengatur tentang keterlibatan ASN dalam Pemilihan Umum.

Dalam sosialisasi tersebut banyak penjelasan yang disampaikan kedua Komisioner terkait keterlibatan ASN di pesta Demokrasi. Tak hanya itu, kedua Komisioner Panwaslu Kota Tikep menegaskan, bahwa akan memproses Aparat Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Tidore Kepulauan apabila kedapatan terlibat langsung dalam pesta demokrasi, baik itu Pemilu maupun Pileg yang akan berlangsung di Maluku Utara nantinya.

(HMS-PWTikep)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments