Rabu, Mei 12, 2021
BerandaPelaksana Apernas Dowora Residence Terus Pacu Pembangunan Fisik Perumahan
Array

Pelaksana Apernas Dowora Residence Terus Pacu Pembangunan Fisik Perumahan

FAKTA PERS – TIDORE KEPULAUAN.

Setelah dilaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Apernas Dowora Residence di kelurahan Dowora, kecamatan Tidore Timur kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara, oleh Wakil Walikota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen pada Senin 16 Oktober 2017 kemarin, kini pihak Pelaksana Perumahan Apernas Dowora Residence Amirudin Abdulkadir sebagai penyelenggara dari CV. Bintang Sembilan terus melakukan tahapan pembangunan fisik perumahan. Hal itu terlihat dengan dilakukannya tahapan pengecoran bagian slof salah satu rumah Apernas Dowora Residence sebagai contoh dari tahapan pembangunan selanjutnya.

Saat ditemui di lokasi Perumahan pada Selasa (17/10/17), Amirudin Abdulkadir kepada Fakta Pers mengatakan bahwa, untuk target pembangunan sendiri direncanakan selesai dalam 6 bulan kerja dengan masa kontrak 8 bulan. Namun untuk sementara dilakukan pembangunan rumah contoh sebanyak satu unit untuk mendapatkan pencairan anggaran 39 unit rumah dari Bank Tabungan Negara (BTN) sebagai partner pembangunan perumahan APERNAS.

“Untuk pembangunan 40 unit perumahan Apernas Dowora Residence tahap pertama ini kontraknya 8 bulan. Insya Allah kita dari pihak kontraktor target paling cepatnya 6 bulan sudah harus klar. Sementara kita masih membangun satu unit rumah contoh agar bisa memberikan proposal ke pihak BTN guna mendapatkan pencairan anggaran untuk pembangunan 39 unit,” kata Amirudin menjelaskan.

Lanjutnya, “untuk sekarang sudah dilakukan pengecoran bagian sloof pada pondasi Rumah, besok atau lusa akan dilakukan pemasangan batu tela,” jelas Amirudin.

Dirinya juga mengatakan, direncanakan dalam waktu dekat ini pihak BTN akan turun dan melakukan verifikasi berkas  para user (pengguna) permohonan pemilikan rumah. Selain itu dilakukan juga tatap muka antara para user yang lolos verifikasi berkas dengan pihak BTN guna mengikuti sosialisasi terkait hal-hal kredit perumahan.
“Kemarin waktu peletakan batu pertama pihak BTN belum sempat hadir, makanya kami berharap bilamana pembangunan rumah sudah berjalan agar pihak BTN bisa melakukan verifikasi. Sekalian prospeknya dan pengajuan kreditnya seperti apa, sehingga untuk tahap lanjutan dapat terlaksana dengan baik,” tuturnya.

Amirudin juga berharap kerjasama masyarakat sekitar Apernas Dowora Residence yang memiliki lahan untuk turut membantu pihaknya dalam memperoleh lahan baru guna diprioritaskan untuk pembangunan tahap kedua Perumahan APERNAS. Sebab dengan hadirnya perumahan tersebut akan meningkatkan kemajuan pembangunan di Kota Tidore Kepulauan lebih khususnya di kelurahan Dowora Kecamatan Tidore Timur.

Sebelumnya, Ketua DPW APERNAS Malut Sulaeman Lessy saat menghadiri kegiatan peletakan batu pertama pembangunan Apernas Dowora Residence pada Senin (16/10/17) kemarin mengatakan bahwa, kehadiran Program Sejuta Rumah melalui Kredit Pemilikan Rumah atau KPR tentunya sangat membantu masyarakat berpenghasilan rendah untuk memiliki rumah yang repesentatif bagi masa depan keluarganya.

Lanjutnya, Untuk Pembangunan Apernas Dowora Residence merupakan yang pertama kali dilakukan oleh Asosiasi Pengembang Rumah Sederhana Sehat Nasional Provinsi (APERNAS) Maluku Utara, dan ini tentunya akan dilakukan terus menerus baik itu di kota Tidore Kepulauan maupun di Kabupaten/Kota lainnya di Maluku Utara.

(ss)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments