Selasa, Mei 11, 2021
BerandaPemkab Bogor Baru Mampu Mengangkut Sampah Sekira 30%
Array

Pemkab Bogor Baru Mampu Mengangkut Sampah Sekira 30%

FAKTA PERS – BOGOR.

Banyaknya Sampah yang berceceran di pinggir jalan maupun di tanah kosong mendapat perhatian serius dari berbagai kalangan. Namun, cukup disayangkan karena Pemkab Bogor melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kab. Bogor mempunyai keterbatasan dan terkendala oleh kemampuan.

Kabid Pengelolaan Sampah DLH Kab. Bogor, Atis Tardiana melalui pesan tertulisnya menyampaikan, “Kemampuan Pemda sangat terbatas, kita baru mampu mengangkut Sampah sekitar 30% dari total tumpukan Sampah”.

Atis mengungkapkan atas ketidakdisplinan warga ikut memperburuk keadaan, padahal ketentuan Perda akan memberikan denda 50 juta atau kurungan 6 bulan jika membuang sampah sembarangan sudah ada.

“Dalam Perda No. 2 Tahun 2014 maupun UU No. 8 Tahun 2008, semua orang wajib mengelola sampah rumahtangga dari sumbernya, dan semua kawasan wajib menyediakan tempat pengelolaan dan pengolahan sampah. Jadi, sampah itu menjadi tanggung jawab bersama, tanggung jawab semua orang, bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja. Apalagi kalau dikenakan UU 32/2009 tentang lingkungan hidup,” ungkapnya.

“Jauhnya jarak pembuangan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Galuga dan terbatasnya Truk mengakibatkan pelayanan pengangkutan jadi terbatas,” tuturnya.

Dalam pesan tertulisnya, Atis menghimbau kepada masyarakat bahwa sampah itu adalah tanggung jawab masing – masing.

“Sampahku tanggung jawabku, Sampahmu tanggung jawabmu, itu prinsip dasarnya” tandasnya.

(lu)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments