Senin, Agustus 2, 2021
BerandaPerahu-Perahuan,  Bentuk Apresiasi Pengrajin Perahu
Array

Perahu-Perahuan,  Bentuk Apresiasi Pengrajin Perahu

FAKTA PERS – INDRAMAYU.

Indramayu adalah kabupaten yang memiliki garis pantai terpanjang dibandingkan kabupaten lain di Jawa Barat yaitu sepanjang 114 km. Dengan garis pantai yang sedemikian panjang tentunya Kabupaten Indramayu layak disebut sebagai daerah bahari.

Oleh karena itu diadakan Festival  Prau-Prauan di tahun 2017 ini, festival ini pertama kali diadakan dalam kegiatan hari ulang tahun Indramayu dan berlangsung di sungai tjimanoek belakang mesjid Agung Indramayu senin 02/10/2017 mulai pukul 09.00 WIB. Tujuan diadakannya  Festival ini ialah untuk memunculkan ikon daerah bahwa Indramayu merupakan daerah bahari.

Abdul Gani selaku panitia festival  menjelaskan kenapa acara ini harus dilakukan, “Gagasan ini lahir karena kami merasa anak Pantura,kami bisa berenang di sungai tjimanoek, dan kami lahir di lingkungan para nelayan, oleh karena itu festival perahu-perahuan akan memunculkan ikon bahwa daerah kita merupakan daerah bahari,” jelasnya.

“Saya ingin merekonstruksi dan mereaktualisasi pengrajin-pengrajin perahu yang ada di bibir pantai Indramayu, seperti di babadan, karangsong, pabean Ilir, pasekan sehingga mereka merasa diapresiasi. Potensi-potensi masyarakat kita luar biasa dan itu menjadi aset daerah untuk membangun ekonomi kreatif,” tambahnya.

“Dalam kegiatan ini juga diadakan lomba foto menggunakan kamera handphone, jadi siapapun yang datang menyaksikan festival ini dan mengabadikan gambarnya menggunakan kamera handphone dapat mengikuti lomba dan berkesempatan mendapat hadiah berupa trophy dan uang pembinaan.

(eka)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments