oleh

Rangkaian HUT TNI ke-72 di Ternate dan Halut Berjalan Lancar

-Daerah-200 views

FAKTA PERS – MALUKU UTARA.

Rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia ke-72 yang dilaksanakan oleh Korem 152/Babullah maupun satuan jajarannya berlangsung sukses dan meriah, seperti halnya upacara yang dipusatkan di Makorem 152/Babullah Jl. A.M. Kamaruddin No.1 Kel. Sangaji, Kota Ternate pada Kamis (05/10/17).

Diawali dengan upacara peringatan yang dipimpin oleh Dandim 1501/Ternate Letkol Inf Abdul Razak Rangkuti, S.Sos. selaku Inspektur Upacara dan Pasi Intel Lanal Ternate Mayor Laut (P) Harwoko Aji sebagai Komandan Upacara serta diikuti oleh 2 Batalyon Upacara gabungan TNI, Polri, ASN,  FKPPI dan Resimen Mahasiswa.

Nampak hadir dipodium kehormatan Sekprov Malut H. Muabdin Hi Razak mewakili Gubernur Malut, Ketua DPRD Malut Alien Mus, Kapolda Malut Brigjen Pol Achmad Juri, Kabinda Malut Brigjen TNI Gatot Eko Puruhito, Kepala BNNP Malut Brigjen Pol Richard Nainggolan, Kasat Brimobda Malut Kombes Pol Anang Sumpena, Palaksa Lanal Ternate Letkol Laut (PM) Hendro, Kajati Malut, Kakanwil Kemenkumham Prov. Malut, Bupati Halteng, Sekkot Ternate, Sekda Halbar, Kepala Basarnas Ternate dan Kapolres Ternate.  Dalam upacara tersebut, Dandim membacakan amanat Panglima TNI pada peringatan HUT TNI ke-72 yang dipusatkan di Dermaga Pantai Indah Kiat Cilegon Banten dalam amanatnya menyampaikan bahwa Penyelenggaraan HUT TNI pada hakekatnya merupakan salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada rakyat atas pembangunan kekuatan TNI yang telah dan sedang dilaksanakan, khususnya pada tahun anggaran 2017, Kekuatan TNI yang bersandar kepada rakyat, merupakan bentuk aplikasi pertahanan semesta yang melibatkan seluruh potensi bangsa untuk turut serta bela negara.

Kedekatan dan kebersamaan TNI-Rakyat adalah inti dan pusat kekuatan (centre of gravity) dari Sistem Pertahanan Semesta yang kita anut. Usai pelaksanaan upacara, dilanjutkan dengan penampilan sosiodrama yang menampilkan sejarah perjuangan Sultan Babullah dalam mengusir penjajah Portugis yang dipicu pembunuhan ayahnya Sultan Ibnu Jamil Khairun dipentaskan oleh Mahasiswa Universitas Muhamadiyah Maluku Utara dilanjutkan dengan Simulasi penanggulangan aksi teror oleh Pasukan Gultor Yonif Raider Khusus 732/Banau, kedua penampilan epic tersebut memukau hadirin dan penonton yang hadir, kegiatan diakhiri dengan syukuran dan pembagian hadiah perlombaan yang telah digelar dipusatkan di Gazebo Nuku Makorem 152/Babullah.

Sementara itu, pelaksanaan HUT TNI di Halut tak kalah meriah, Upacara yang dipimpin oleh Dandim 1508/Tobelo Letkol Arh Herwin Budi Saputra selaku Irup dipusatkan di Lapangan Makodim 1508/Tobelo Jl. Kawasan Pemerintahan Desa MKCM Kec. Tobelo Kab. Halmahera Utara dan dihadiri oleh seluruh unsur Forkopimda serta masyarakat Halmahera Utara, usai Upacara dilanjutkan kegiatan Drama Kolosal serta pemberian santunan kepada para Purnawirawan maupun Warakawuri sebagai wujud kebahagiaan dalam peringatan HUT ke-72 TNI, termasuk juga dilaksanakannya Pameran Alutsista oleh Yonif RK 732/Banau.

Dalam keterangannya Ws. Kapenrem 152/Babullah Kapten Inf Heru Darujito menyampaikan bahwa pelaksanaan peringatan HUT TNI ke-72 dilaksanakan di seluruh Satuan jajaran Korem 152/Babullah, untuk di Ternate sendiri dipusatkan di Makorem 152/Babullah berjalan sukses dan lancar, sesuai pesan Panglima TNI dalam amanat yang dibacakan oleh Inspektur Upacara bahwa peringatan HUT TNI ini kita jadikan sebagai momentum perbaikan diri dalam rangka menciptakan postur TNI yang ideal, sejauh ini keberadaan TNI mendapatkan tempat tersendiri dihati masyarakat hal tersebut berdasarkan terpeliharanya opini masyarakat terhadap pengabdian TNI. Karenanya tidak diragukan lagi, dalam kurun waktu dua tahun terakhir ini publik tetap menilai bahwa TNI merupakan institusi yang paling dipercaya.

Survei terakhir dilakukan oleh lembaga survei Center for Strategic and International Studies (CSIS) bahwa masyarakat menilai TNI sebagai institusi paling solid dan terpercaya. Kondisi seperti ini tentunya hasil kinerja estafet yang diukir oleh para pimpinan TNI yang dengan gigih dan sungguh-sungguh melakukan transformasi serta reformasi ditubuh TNI. Dirgahayu TNI ke – 72, jayalah selalu di Darat, Laut dan Udara.

(Penrem 152)

Komentar

News Feed